Aplikasi Ini Berhasil Temukan 38 Motor yang Hilang Dicuri

Aplikasi Ini Berhasil Temukan 38 Motor yang Hilang Dicuri Ilustrasi motor curian.
Senin, 2 Oktober 2023 19:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Dengan memanfaatkan teknologi digital, kini motor yang hilang dicuri bisa ditemukan pada aplikasi ILMU (Hilang Temu). Aplikasi ini digagas oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim.

“Setelah mengunduh aplikasi ILMU Semeru dan mengisi data kendaraan mereka yang hilang, ternyata kendaraan mereka yang dilaporkan hilang tersebut telah ditemukan dan diamankan di Polres. Sehingga, warga tersebut dapat mengambil kendaraannya yang hilang tersebut di Polres masing-masing. Total sementara ada 38 unit kendaraan yang telah dikembalikan lewat aplikasi ini,” ujar Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin dikutip dari Antara, Senin (2/10).

Ia menjelaskan ILMU Semeru adalah aplikasi laporan kehilangan kendaraan bermotor yang terkoneksi dengan seluruh jajaran Polda Jatim. Aplikasi tersebut telah terintegrasi dengan Sistem ERI (Electronic Registration and Identification) milik Korlantas Polri.

"Kendaraan hilang yang berhasil ditemukan kembali melalui aplikasi di antaranya di Kabupaten Jember, Tuban, Kediri Kota, Mojokerto Kota, Madiun, dan Nganjuk," papar Taslim.

Nantinya, setiap barang bukti motor yang diamankan petugas, datanya dimasukkan ke aplikasi ILMU. Data ini di antaranya adalah tanda nomor kendaraan (TNKB), nomor rangka, nomor mesin, merek, jenis, warna, asal kendaraan serta foto kendaraan. Kemudian, divalidasi dengan database kepolisian.

"Selanjutnya petugas akan menghubungi pelapor untuk melaksanakan proses serah terima barang bukti dengan syarat barang bukti tersebut sudah ada ketetapan penyelesaian perkara," ujar Taslim.

Saat ini aplikasi ILMU Semeru sudah tersedia di PlayStore dan masyarakat dapat mengunduh aplikasi tersebut. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.