Beda Pengertian Definisi Moge dari Berbagai Negara

Beda Pengertian Definisi Moge dari Berbagai Negara
Selasa, 7 Maret 2023 09:00
Gemilang Isromi Nuar

Moge merupakan singkatan dari motor gede yang umumnya diartikan sebagai motor dengan dimensi dan kapasitas mesin besar. Namun, di berbagai negara memiliki kategori yang berbeda-beda.

Di Jepang misalnya, produsen motor terbesar yang produksinya diekspor ke berbagai negara termasuk di Indonesia, menentukan sepeda motor dapat disebut moge bila memiliki mesin dengan tenaga 35 horse power (hp). Jadi, penentuan moge di Jepang tidak perlu dengan cc, namun hp.

Sehingga bisa dibilang, motor Yamaha YZF-R25 yang dibekali mesin kapasitas 250 cc menghsilkan tenaga 35,5 hp dapat disebut moge. Sedangkan, Honda Forza yang sama-sama bermesin 250 cc tidak disebut moge karena hanya menghasilkan tenaga 23,19 hp.

   Baca Juga: Rumor Motor Baru Honda, Scrambler CL300 Akan Masuk Indonesia?

Moge STNK Palsu Disita

Selanjutnya di Amerika Serikat, motor dengan mesin minimal 600 cc baru akan dianggap sebagai moge. Jadi, Kawasaki Ninja ZX6R, Yamaha R6, Honda CBR 600RR di negeri Paman Sam disebut moge.

Namun di Indonesia definisi mengenai moge juga masih menjadi perdebatan karena belum ada aturan yang baku. Ada sebuah kebijakan dimana sebuah motor akan disebut moge jika memiliki kapasitas mesin di atas 250 cc karena terkena pajak barang mewah.

   Baca Juga: Pemerintah Bakal Umumkan Insetif Motor Listrik Senin Besok

Showroom moge bekas R&J Motorsport Kemang

Tetapi, Kristianto Gunadi selaku Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM), sebagai APM motor KTM di Indonesia sepakat bahwa moge adalah motor 400 cc ke atas. 

Sementara itu, Michael Chandra Tanadhi sebagai Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memiliki definisi yang berbeda. Menurutnya, yang disebut dengan moge adalah motor 600 cc ke atas.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.