Bersiap! Parkir Motor Bakal Mahal Jika Belum Lulus Uji Emisi

Bersiap! Parkir Motor Bakal Mahal Jika Belum Lulus Uji Emisi Ilustrasi parkir motor.
Kamis, 28 September 2023 23:20
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Tepat pada 1 Oktober 2023, akan ada 10 tempat parkir yang menerapkan sistem tarif parkir disinsentif di Jakarta. Hal itu membuat sepeda motor yang tidak lulus uji emisi akan dikenakan tarif parkir lebih mahal.

"Untuk tahap awal memang roda empat terlebih dulu, nantinya roda dua kami konsolidasikan datanya dengan rekan-rekan lingkungan hidup," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo beberapa waktu lalu.

Dalam tarif parkir disinsentif untuk sepeda motor, penerapannya masih menunggu penyelesaian sinkronisasi data dari Dinas Perhubungan dengan Dinas Lingkungan Hidup. 

"Diintegrasikan datanya dengan data apakah itu JakParkir maupun e-ujiemisi. Jadi, otomatis kendaraan yang masuk ke kawasan parkir menerap disinsentif, akan dikenakan tarif tinggi jika kendaraannya belum dilakukan uji emisi," ungkap Syafrin.

Dengan adanya disinsentif tarif parkir ini, diharapkan dapat menekan penggunaan kendaraan pribadi untuk mengendalikan polusi udara Jakarta. Nantinya, masyarakat diimbau dapat beralih ke transportasi publik.

"Setiap kendaraan yang sudah, belum, ataupun tidak lulus uji emisi akan terdeteksi di sepuluh lokasi parkir milik Pemprov DKI, melalui pelat kendaraan yang datanya sudah terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara DKI Jakarta, Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulis.

Berikut 10 lokasi parkir yang menerapkan tarif disinsentif:

  • Pelataran Parkir IRTI Monas.
  • Kawasan Parkir Blok M Square.
  • Pelataran Parkir Kantor Samsat Jakarta Barat.
  • Kawasan Parkir Pasar Mayestik.
  • Park and Ride Kalideres.
  • Gedung Parkir Taman Menteng.
  • Gedung Parkir Istana Pasar Baru.
  • Park and Ride Lebak Bulus.
  • Park and Ride Terminal Kampung Rambutan.
  • Pelataran Parkir Taman Ismail Marzuki (TIM). (*)
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.