Kebijakan Dispensasi Perpanjangan SIM Diadakan Usai Libur Lebaran

Kebijakan Dispensasi Perpanjangan SIM Diadakan Usai Libur Lebaran
Jumat, 28 April 2023 23:45
Ruslan Abdul Gani

Setelah libur Lebaran 2023, sebagian masyarakat sudah kembali beraktivitas seperti biasa. Bagi para pemilik SIM yang masa berlakunya habis saat periode libur kemarin atau sekitar 19-25 April 2023, diperbolehkan melakukan perpanjangan pada 26 April sampai 3 Mei 2023 tanpa harus membuat baru.

“Bagi pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis pada tanggal 19 sampai dengan 25 April 2023 dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada tenggang waktu tanggal 26 April sampai dengan 3 Mei 2023 dengan mekanisme perpanjangan,” dikutip dari unggahan Instagram @tmcpoldametro.

   Baca Juga: Catat Tanggalnya! IIMS Surabaya 2023 Bakal Digelar Usai Lebaran

Dipensasi Perpanjang SIM

Namun, bagi pemegang SIM yang melakukan masa perpanjangan di atas tanggal tersebut, maka mekanisme penerbitan SIM harus seperti membuat baru. “Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan SIM pada tanggal 26 April sampai dengan 3 Mei 2023, maka melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” lanjut keterangan tersebut.

Ujian SIM C

   Baca Juga: Komparasi Dimensi Suzuki V-Strom 250SX dan Honda CRF250 Rally

Jadi, bagi masyarakat yang sudah selesai mudik dan kembali lagi ke Ibu Kota bisa melakukan perpanjangan SIM. Pasalnya, beradasarkan undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu syarat mutlak bagi setiap pengguna kendaraan bermotor di jalan.

Kemudian, dalam Pasal 106 ayat (5) huruf b UU No. 22/2009 tentang LLAJ, jika pengemudi tidak bisa menunjukkan SIM atau tertinggal, maka akan dikenakan denda sebesar Rp 250.000 atau sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.