Kebijakan Pemasaran Jadi Tantangan Instruktur Indonesia di Luar Negeri

Kebijakan Pemasaran Jadi Tantangan Instruktur Indonesia di Luar Negeri
Jumat, 16 Juni 2023 23:35
Benny Averdi

Instruktur jebolan Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AHSRIC) tak jarang memenangkan lomba serupa di kelas Asia maupun regional Asia Tenggara dan Oceania. Seperti yang dialami Dimas Satria Kelana Putra, instruktur dari PT Mitra Pinasthika Mulia, Surabaya. Ia mengatakan ada tantangan tersendiri, karena motor yang digunakan belum tentu serupa dengan model di Indonesia.

"Di sana tergantung pemasarannya, yang banyak dipasarkan, biasanya dipakai sebagai motor untuk uji. Seperti di Jepang, ketika itu motornya Honda Chrome, Honda Neo, dan CB400 yang tidak dipasarkan di Indonesia, tetapi kami harus bisa menggunakannya dengan baik," ujar Dimas.

   Baca Juga: Alasan Pentingnya Kalibrasi Kemampuan Instruktur Safety Riding

Ia menilai, memang pada dasarnya menunggangi motor itu hampir sama. Akan tetapi, perlu ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan dengan cepat. "Ya, waktu itu langsung menggunakan motornya. Jadi, adaptasi harus dilakukan dengan cepat, sembari juga bisa melalui 'soal' berupa jalur yang dibuat oleh penyelenggara," ungkap Dimas.

Johannes Lucky selaku Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, hal serupa terjadi ketika lomba di Thailand. Motor yang digunakan sesuai dengan pasar Negara Gajah Putih tersebut. "Begitu juga ketika di Thailand pertama kali dilombakan untuk kawasan Asia dan Oceania yang pertama di tahun lalu, yang digunakan motor yang dipasarkan di sana," ungkapnya.

   Baca Juga: Punya Mesin Baru, Ini Detail Spesifikasi Honda CT125 2023

Tetapi, dengan keberhasilan instruktur dari Indonesia memenangkan lomba di luar negeri, tentu mencerminkan kecermatan dan adaptasi yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.