Kendaraan Listrik Dinilai Dapat Menyelamatkan Generasi Bangsa

Kendaraan Listrik Dinilai Dapat Menyelamatkan Generasi Bangsa
Minggu, 9 April 2023 22:00
Gemilang Isromi Nuar

Pemerintah Indonesia tengah melakukan transisi di dunia otomotif Tanah Air untuk menuju era elektrifikasi. Hal itu dibuktikan dengan memberikan subsidi untuk motor listrik sebesar Rp7 juta per unit mulai 20 Maret 2023 lalu. 

Selain sebagai wujud turut serta dalam menyukseskan program pemerintah untuk menuju Indonesia Net Zero Emission Tahun 2060, tingkat kesehatan dari masyarakat Indonesia juga diklaim akan semakin terjamin karena udara lebih baik dengan kendaraan listrik.

"Kita harus memiliki semangat kuat untuk menuju Net Zero Emission, ini juga menjadi tanggung jawab negara kepada rakyatnya dan juga menyelamatkan generasi ke depan," papar Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO), Moeldoko saat media gathering di Jakarta, Kamis (6/4).

   Baca Juga: Awas! Begini Efeknya Jika Pakai V-Belt Kualitas KW di Motor Matic

Deretan Motor Listrik

Dengan hadirnya kualitas udara yang baik, dampak positif juga bakal menjamur ke berbagai sektor. Di antaranya seperti beban jaminan sosial negara kepada masyarakat akan bisa berkurang, sehingga pembangunan sektor lain dapat tumbuh.

"Bisa dibayangkan jika karbon berkurang, pasti usia akan meningkat, beban BPJS akan berkurang, beban jaminan sosial negara kepada rakyat juga akan berkurang. Jadi, nanti bisa dialihkan untuk membangun sektor yang lain yang juga bermanfaat untuk masyarakat," ujar Moeldoko.

   Baca Juga: Ini Sanksi Jika Menghalangi Iring-iringan Presiden

Motor Listrik Yadea di IIMS 2023

Dampak lain kendaraan listrik juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang hingga kini masih impor dari luar negeri. "Dari sisi penghematan, kalau impor BBM berkurang, pembangunan infrastruktur juga akan semakin meningkat karena beban APBN menjadi ringan," kata Moeldoko.

Ia menambahkan, demi mencapai impian tersebut, tidak hanya pemerintah yang harus bergerak. Seluruh stakeholders dan masyarakat juga wajib ikut serta dalam meramaikan populasi kendaraan hijau dengan cara masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.