Metode "Tambal Cacing" Tidak Disarankan untuk Ban Tubeless?

Metode "Tambal Cacing" Tidak Disarankan untuk Ban Tubeless? Metode tambal ban motor dengan 'tambal cacing'.
Jumat, 22 September 2023 11:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Ban tipe tubeless memang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan ban tipe tube. Ban tubeless umumnya lebih tahan lama dan sulit untuk mengalami kebocoran.

Namun tetap saja, saat berkendara dengan motor bukan tak mungkin ban tubeless akan mengalami kebocoran. Metode “tambal cacing” pun sering dilakukan oleh penambal ban yang ditemukan di tepi jalan. Lantas, apakah metode ini dianjurkan?

Metode ini memasukan karet keras berbentuk seperti cacing ke dalam ban yang bocor dengan cara ditusuk. Cara ini hanyalah solusi sementara untuk menutupi kebocoran pada ban secara cepat.

"Perbaikan yang betul adalah ban dilepas dari pelek, dilihat dari dalam, tambalnya dari dalam. Sedangkan metode tambal cacing dapat menyebabkan ban melebar secara berkala hingga dapat pecah atau meledak sewaktu-waktu,” kata Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi kepada OtoRider saat peluncuran ban beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tambal patch atau tiptop lebih baik digunakan untuk menutup kebocoran dari dalam permukaan ban, sehingga sifatnya bisa dipakai secara jangka panjang alias permanen. Tambal tiptop mengharuskan mencopot ban untuk di-press di bagian yang mengalami kebocoran.

"Jika terjadi kebocoran, lebih baik kalau ban terkena paku itu buka dulu dari peleknya. Jadi harus tambal dari dalam yang model kayak paku payung. Itu aman dan permanen, kalau cacing itu tidak permanen dan sifatnya sementara," papar Fachrul. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.