Moeldoko: Indonesia Sejajar Negara Lain Soal Kendaraan Listrik

Moeldoko: Indonesia Sejajar Negara Lain Soal Kendaraan Listrik
Minggu, 26 Februari 2023 11:00
Benny Averdi

Indonesia berupaya meraih Net Zero Emission pada 2060. Karenanya, seluruh pihak mendukung upaya tersebut agar tercapai. Seperti juga di ajang IIMS 2023 yang digelar di Kemayoran, Jakarta Pusat, terselenggara Seminar dan Talk Show berupa diskusi dengan Kepala Staf Kepresidenan dan juga Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO), Moeldoko di Hall B3, JIExpo pada Jumat (24/2).

“Dukungan pemerintah terhadap kendaraan listrik, di antaranya melalui Inpres nomor 5, bahwa pemerintah mendukung kepada seluruh pelaku industri electric vehicle ini dapat berlangsung dan bergerak dengan cepat. Tiga tahun berikutnya, muncul lagi Inpres yang isinya perintah presiden kepada jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk beralih dari mobil biasa menuju ke mobil listrik," ujar Moeldoko.

   Baca Juga: VIDEO: Yadea E8S Pro, Harga Sesuai Spesifikasi? - First Impression

"Dua instrumen ini menjadi pemicu dan pemacu. Pemicu bagi tumbuhnya industri-industri yang terkait dengan kendaraan listrik, serta sebagai pemacu sebagai masyarakat Indonesia untuk segera beralih ke kendaraan listrik dan kebijakan berikutnya yang memberikan insentif dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia guna meningkatkan konsumsi kendaraan listrik,” tutur mantan Panglima TNI itu.

Menurutnya, kendaraan listrik di masa sekarang ini merupakan sebuah momentum. Karena, negara ini sedang berada dalam masa start (awal yang sama) dengan kehadiran kendaraan listrik di negara lainnya. 

   Baca Juga: Percepat Elektrifikasi, Bengkel Konversi Motor Listrik Diharap Makin Banyak

Oleh sebab itu, untuk menarik minat masyarakat, insentif yang diberikan pemerintah akan membangkitkan demand dan ekosistem kendaraan listrik Tanah Air, mulai dari spare parts, baterai hingga yang lainnya. Ia juga mengatakan bahwa PERIKLINDO mengadakan pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) Mei mendatang.  Moeldoko menegaskan seluruh instrumen penggerak kendaraan listrik di masa depan akan hadir seperti UMKM yang menjamur di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.