Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Bagi Pemotor, Berikut Kota Tujuannya

Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Bagi Pemotor, Berikut Kota Tujuannya Ilustrasi mudik gratis.
Rabu, 6 Desember 2023 08:10
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru), Badan Kebijakan Transportasi menunjukkan potensi pergerakan arus mudik sebesar 107,6 juta orang.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang mudik menggunakan motor sebaiknya tidak dilakukan, karena terlalu berisiko.

"Oleh karenanya, saya dengan segala kerendahan hati mengimbau masyarakat untuk seyogyanya tidak menggunakan motor saat mudik Natal - Tahun Baru," ujar Budi dikutip dari Antara, Senin (27/11).

Demi mengatasi masalah tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.

"Sesuai arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan mudik gratis di libur Nataru ini," kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto di Jakarta, Senin (4/12).

Untuk pendaftaran dapat diakses secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5-20 Desember 2023. "Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan," papar Suharto.

Untuk mudik gratis kali ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan kuota 90 unit bus AKAP dan pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk. "Keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe dan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan dan Pulo Gebang," ujar Suharto.

Berikut kota tujuan mudik gratis: 
1. Jakarta-Solo 
2. Jakarta-Yogyakarta 
3. Jakarta-Surabaya 
4. Jakarta-Wonosobo 
5. Jakarta-Semarang 
6. Jakarta-Wonogiri 
7. Jakarta-Cilacap 
8. Jakarta-Purwokerto 
9. Jakarta-Malang 
10. Jakarta-Kediri 
11. Jakarta-Madiun 
12. Bus Disabilitas

Untuk pengantaran sepeda motor peserta mudik gratis ada dua kota tujuan, yaitu:
1. Jakarta-Solo 
2. Jakarta-Yogyakarta

(*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.