Peralihan dari Motor Konvesional ke Listrik Masih Butuh Waktu?

Peralihan dari Motor Konvesional ke Listrik Masih Butuh Waktu?
Kamis, 15 Juni 2023 11:35
Gemilang Isromi Nuar

Percepatan target penggunaan kendaraan listrik dimulai dari motor listrik yang diprogramkan pemerintah mengalami kendala. Hingga saat ini, program tersebut masih sepi peminat. Hal itu terbukti pada data situs Sisapira hingga Rabu (14/6), hanya 748 orang yang mendaftar dari target 200.000 dan baru 4 unit yang tersalurkan.

   Baca Juga: Ramaikan Jakarta Fair 2023, Kawasaki Rilis KLX110R dan KLX110R L

Selis

Menurut Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, teknologi kendaraan listrik belum terlalu menarik bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Agus menilai hal tersebut membutuhkan proses panjang dan tidak sebentar.

"Ini membutuhkan waktu, karena ini kita berbicara soal mindset, soal kultur dari masyarakat kita sendiri," kata Agus di Pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, Selasa (13/6).

Namun, pemerintah terus berupaya agar subsidi motor listrik ini terus berjalan. "Peralihan dari motor konvensional ke motor listrik ini sesuatu hal yang harus terus-menerus kita sosialisasi agar motor listrik itu dalam pemahaman mereka, dalam mindset mereka itu adalah suatu hal yang bisa diterima," papar Agus.

   Baca Juga: Motor Reli Dakar Hunter Kove 450 Bakal Hadir di PRJ

Ia juga menyampaikan, pertumbuhan kendaraan listrik di negara lain pun tidak begitu masif. Karena itu, bukan berarti Indonesia bakal sulit mengenalkan kendaraan listriknya. Perlu diketahui, program subsidi motor listrik sudah dimulai sejak 20 Maret tetapi sejauh ini masih sepi peminat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.