Polisi Jamin Lapor Kehilangan Motor Tidak Dipungut Biaya

Polisi Jamin Lapor Kehilangan Motor Tidak Dipungut Biaya Ilustrasi motor curian.
Senin, 25 September 2023 19:42
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Saat ini banyak terjadi tindakan kriminalitas, terutama pencurian motor atau curanmor di mana-mana. Jika sudah terjadi tindakan tersebut, Anda wajib melapor ke pihak berwajib.

Namun, ada kesan bahwa dengan melapor, korban pencurian harus mengeluarkan biaya tambahan. Kepala Sub Direktorat Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah mengatakan setiap laporan kehilangan motor tidak dipungut biaya alias gratis.

"Tidak ada biaya sepeser pun, apalagi terhadap korban pencurian. Yang penting, saat korban melapor kepada kami bisa menunjukkan legalitas yang ada," kata Yuliansyah, dikutip dari laman Instagram @ditreskrimum_pmj, Senin (25/9).

Nantinya, para korban bisa menunjukkan legalitas (kendaraan) yang ada dan diantar ke TKP. Karena dengan adanya data-data tersebut, memudahkan untuk mengidentifikasi pelaku.

"Siapa pun itu, kapan pun, dimana pun, apabila merasa kehilangan ataupun menjadi korban kejahatan pasti tentunya akan kita tindak lanjuti," papar Yuliansyah.

Sementara itu, dilansir dari laman Suzuki, pencurian motor lebih rentan dilakukan daripada mobil. Dengan langkah pencegahan yang tepat, bisa melindungi sepeda motor dari oknum pencuri yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mencegah pencuri membobol dan mengambil sepeda motor, bisa dengan cara:

  1. Kunci stang ke arah kanan.
  2. Tutup lubang kunci dengan SKS (Secure Key Shutter).
  3. Pilih lokasi parkir yang aman.
  4. Hindari meninggalkan motor di area terbuka.
  5. Lepaskan beberapa komponen vital.
  6. Memasang alarm.
  7. Pasang kunci pengaman tambahan. (*)
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.