Tilang Uji Emisi Dihentikan, Pemprov DKI Cari Cara Lain

Tilang Uji Emisi Dihentikan, Pemprov DKI Cari Cara Lain
Selasa, 12 September 2023 12:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Setelah melakukan uji coba tilang emisi periode 1-7 September, akhirnya Satgas Penanggulangan Polusi Udara mengambil kesimpulan bahwa tilang uji emisi dinilai tak efektif untuk menghilangkan polusi di Jakarta.

"Untuk ke depan tidak ditilang tidak lulus, tapi diimbau untuk diservis, imbauan juga untuk dealer dapat membantu servis ranmor kendaraan bermotor tersebut," ujar Kasatgas Penanggulangan Polusi Udara, Kombes Pol Nurcholis dalam keterangannya, Senin (11/9).

   Baca Juga: Motor Rutin Ganti Oli, Belum Tentu Lulus Uji Emisi

Hal itu memang pantas, mengingat penindakan hanya dilakukan satu kali dalam satu pekan dan lokasi berpindah-pindah yang mungkin tidak akan menurunkan kadar emisi suatu kendaraan.

Sementara itu, menurut Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, pemberian sanksi tilang terhadap pengendara bukanlah target utama dalam penerapan aturan uji emisi. Hal tersebut dilakukan agar mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk uji emisi kendaraan dalam rangka penanganan masalah polusi udara. "Memang kalau tilang di lapangan itu kan memerlukan tenaga, waktu. Ya, kami cari yang efisien saja," ujar Heru.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri sedang mencari alternatif lain penegakan aturan uji emisi. "Nanti kita diskusi lagi. Intinya yang penting adalah uji emisi. Kan para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sudah melakukan uji emisi," kata Heru.

   Baca Juga: Ada Kasus Rangka eSAF, Motor Bekas Honda Masih Diminati?

Namun, jika hanya diberi arahan untuk servis kendaraan, hal yang menjadi perhatian adalah motor. Sebab, sebanyak 19,2 juta lebih sepeda motor di Jakarta tidak akan sanggup dilayani hanya 107 bengkel saja.

"Jadi betul, roda dua jumlahnya lebih banyak yang beredar di Jakarta tapi ketersediaan bengkel uji emisi untuk roda dua masih terbatas," ujar Kepala Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Erni Pelita Fitratunnisa dikutip dari Antara, Minggu (10/9).

Ia mengungkapkan, Dinas LH DKI Jakarta saat ini terus berupaya untuk menambah jumlah bengkel yang melayani uji emisi motor. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.