Apa Bisa Oli Motor Balap Dipakai Untuk Harian?

Apa Bisa Oli Motor Balap Dipakai Untuk Harian? Ilustrasi oli mesin.
Rabu, 17 April 2024 23:25
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pelumas atau oli dirancang untuk melumasi dan mendinginkan mesin kendaraan. Sehingga, mesin dapat bergerak dengan lancar dan mencegah terjadinya gesekan yang berlebihan di antara komponen.

Di pasaran sendiri terdapat oli yang juga digunakan buat kebutuhan balap. Lalu, mungkinkah bila oli dengan spek balap ini dipakai buat harian? Salah satu oli yang kerap digunakan di dunia balap adalah Motul 300V. Pelumas ini dinilai kompeten untuk menahan panas dari tingginya kompresi mesin motor balap.

Tetapi, oli jenis ini tidak dianjurkan untuk penggunaan motor harian. "Oli Motul 300V hanya untuk menempuh jarak 2.000 km, sangat berbeda dengan oli untuk motor harian yang bisa mencapai 4.000-5.000 km," kata Technical Engineer Motul Indonesia, Rialdy Fasha saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Dalam penggunaannya, oli Motul 300V tidak mudah gosong saat dikuras di motor harian. Karena, penguapannya tidak tinggi. "Memang durabilitasnya tinggi, tetapi harganya juga tinggi, tidak rekomen juga untuk motor harian," papar Rialdy.

Menurutnya, oli ini cocok untuk balapan singkat seperti di MotoGP dan juga balap ketahanan. "Oli Motul 300V dijual dengan harga Rp 500 ribu, tentu empat kali lebih mahal dibandingkan oli harian," ujar Rialdy.

Pemilihan jenis oli yang tepat merupakan faktor penting dalam perawatan motor. Setiap jenis oli memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Dengan pemilihan oli yang tepat, kinerja motor dapat ditingkatkan, umur mesin bisa diperpanjang, dan kenyamanan berkendara mampu dipertahankan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.