Apakah Motor Terlaris di Indonesia Menjadi Sasaran Pencurian?

Apakah Motor Terlaris di Indonesia Menjadi Sasaran Pencurian? Ilustrasi pencurian motor.
Sabtu, 16 Maret 2024 16:10
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Sepeda motor jenis matic ternyata lebih gampang dicuri dibandingkan jenis motor lain. Tampaknya, ini sesuai dengan tingkat peminat yang tinggi di kalangan masyarakat terhadap motor matic.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), kelima anggotanya yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS berhasil menjual sebanyak 6.236.992 unit selama 12 bulan. AISI mencatat penjualan masih didominasi jenis skuter matic yakni 89,73%. Kemudian, Sport 5,19% dan kategori bebek 5,08%.

Honda BeAT menjadi salah satu sepeda motor terlaris dengan penjualan paling tinggi di Indonesia. Selanjutnya secara berurutan adalah Honda Vario series, Honda Scoopy, dan Yamaha NMax.

Terkait tindakan pencurian motor, Otorider sempat menghubungi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra terkait merek motor apa yang paling sering dicuri. Namun, belum ada jawaban hingga berita ini ditulis. Tapi, Kapolsek Tambora, Komisaris Putra Pratama mengungkapkan lima jenis sepeda motor yang rawan dicuri maling.

"Sekarang ini jenisnya ada lima, (Honda) BeAT, (Honda) Vario, (Honda) Scoopy, (Yamaha) Mio, dan (Yamaha) NMax. Itu sudah urutan," papar Putra pada September lalu.

Sementara, pelaku pencurian motor mengungkapkan alasan mengapa motor matic menjadi sasaran. "Karena motor itu pengamanannya sangat mudah ya untuk dijebol, sangat mudah untuk diambil ya," ujar pelaku dikutip dari video Instagram @polsek_tambora. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.