Kata Maling Soal Keamanan Kunci Setang Motor ke Kanan

Kata Maling Soal Keamanan Kunci Setang Motor ke Kanan Ilustrasi kunci kontak motor.
Minggu, 17 Maret 2024 16:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Aksi pencurian motor bisa terjadi dimana saja, tergantung pada situasi dan kesempatan yang ada. Dalam menjaga keamanan motor, mengunci setang merupakan tindakan dasar. Tapi, biar lebih aman terdapat cara mengunci setang motor ke arah kanan (lawan arah). Apakah cara ini tepat?

Dalam video yang diunggah di Instagram @polsek_tambora mengatakan bahwa cara itu sama saja, masih menggunakan kunci leter T yang sudah dimodifikasi untuk membobol lubang kunci motor. "Kalau bedanya kunci setang ke kiri dan ke kanan itu sebenarnya sama saja kami mengambilnya sama-sama enak," ungkap pelaku curanmor berinisial OA. "Cuma agak susah, nyangkut sedikit doang kalau setang kanan itu," tambah dia.

Ia juga menyebutkan motor yang paling gampang dicuri adalah jenis matic, mulai dari Honda Vario, BeAT, dan Scoopy. "Kalau motor yang sering dicuri itu motor Vario, Scoopy, sama BeAT. Karena motor itu pengamanannya sangat mudah ya untuk dijebol, sangat mudah untuk diambil," papar pelaku.

Pelaku juga memberikan saran bagi pemilik motor agar memarkirkan motor tidak asal-asalan. "Kalau bisa itu diparkiran (diparkir di tempat resmi atau di tempat yang aman) sama ditambah kunci ganda lagi biar aman," kata pelaku.

Untuk memperkecil risiko aksi pencurian sepeda motor, ada beberapa tips yang dikutip dari laman Wahana Honda:

  1. Usahakan untuk selalu parkir di tempat resmi atau yang disiapkan dengan layanan pengawasan, berbayar menerima bukti retribusi parkir.
  2. Diparkir dengan standar di tengah.
  3. Pastikan parkiran terjangkau oleh CCTV.
  4. Dikunci ganda, manfaatkan secure key system.
  5. Gunakan tombol rahasia untuk menyulitkan si tangan panjang. (*)
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.