Semua Produk yang Berkaitan Ajang Balap Motor Harus Terdaftar di IMI

Semua Produk yang Berkaitan Ajang Balap Motor Harus Terdaftar di IMI Ilustrasi ajang balap motor.
Minggu, 11 Februari 2024 15:40
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Ada aturan baru dalam pelaksanaan ajang balap motor di Indonesia. Hal ini harus sesuai surat keputusan IMI Pusat Nomor 011/IMI/SK-ORGAN/A/I/2024 tentang Registrasi Jenis dan Type Produk/Suku Cadang Kendaraan Bermotor dalam Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia.

Nantinya, semua produk yang berkaitan ajang balap motor harus terdaftar di IMI di bawah naungan Deputi Olahraga Sepeda Motor. Tujuannya adalah menyinergikan keselarasan antara pihak produsen dengan regulator dari IMI Pusat untuk membangun industri balap motor Indonesia.

"Kami mengeluarkan aturan registrasi ini untuk sama-sama ikut mendukung kelangsungan dunia balap agar tetap berjalan. Balapan bisa diadakan sesuai jadwal, pembalap mencetak prestasi, sementara pihak produsen juga bisa beraktivitas mempromosikan produknya,” ujar Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat, Eddy Saputra dalam keterangan resmi, Jumat (9/2).

IMI juga mematok biaya registrasi bagi para produsen produk sebesar Rp5 juta dengan jangka waktu satu tahun. Ketentuan registrasi produk ini berlaku untuk Kejuaraan Balap Motor Nasional seperti Motoprix, OnePrix, dan Mandalika Racing Series.

"Jadi tidak sekadar membayar registrasi, namun bila ada pembalap atau tim tidak menggunakan produk yang sudah teregistrasi, sanksinya adalah diskualifikasi," papar Eddy.

Masa registrasi produk ini akan ditutup hingga 15 Februari dan dipastikan tidak akan ada tambahan lagi saat kompetisi balap motor berlangsung pada 2024. Saat ini sebanyak 43 merek telah mendaftarkan produknya ke tim koordinasi yang dibentuk IMI Pusat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.