Simpang Siur, Ini Kata Jokowi Soal Pembatasan Pertalite

Rabu, 4 September 2024 11:00
Gemilang Isromi Nuar

Sampai saat ini, pemerintah belum mengeluarkan daftar resmi motor atau mobil apa yang tidak bisa lagi diisi dengan Pertalite.

Simpang Siur, Ini Kata Jokowi Soal Pembatasan Pertalite SPBU Pertamina.

OTORIDER - Wacana Pertamina membatasi penjualan Pertalite untuk kendaraan dengan jenis dan syarat tertentu semakin berkembang. Pembatasan ini nantinya berlaku di seluruh Indonesia, dengan tujuan utama mengurangi beban subsidi BBM dan mendorong penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Sampai saat ini, pemerintah belum mengeluarkan daftar resmi motor atau mobil apa yang tidak bisa lagi diisi dengan Pertalite. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rencana pembatasan pembelian BBM bersubsidi masih berada dalam tahap sosialisasi.

"Saya kira kita masih dalam proses sosialisasi, kita akan melihat di lapangan seperti apa. Belum ada keputusan, belum ada rapat," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Jokowi mengungkapkan program pembatasan ini bertujuan mengatasi masalah polusi udara serta efisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Yang pertama ini berkaitan nanti ini utamanya di Jakarta dengan polusi, yang kedua kita juga ingin agar ada efisiensi di APBN kita, terutama untuk yang 2025," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia menyebutkan pembatasan pembelian BBM bersubsidi bakal diterapkan setelah adanya penetapan Peraturan Menteri (Permen).

"Kemungkinan pelaksanaan pembatasan BBM bersubsidi akan dimulai pada 1 Oktober 2024. Karena begitu aturannya keluar, Permen-nya keluar,” ujar Bahlil dalam keterangan resmi. Namun, pernyataan itu dibantah setelah adanya statement dari Jokowi.

Meskipun belum ada kepastian soal pembatasan Pertalite, di beberapa daerah BBM jenis ini sudah mulai langka dan hilang dari pasaran. Dikutip dari lampost.com, Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Kotabumi, Lampung dan sekitarnya tidak memiliki stok BBM jenis Pertalite. Sedangkan, tulisan Pertalite di plang penjualan di SPBU daerah Pos Pengumben, Jakarta dihapus.

Namun, di beberapa daerah lain masih bisa mendapatkan Pertalite, salah satunya SPBU di Depok, Jawa Barat. "Di sini masih jual Pertalite," ujar salah satu petugas SPBU kepada Otorider. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.