Universitas Budi Luhur Luncurkan Motor Sport Listrik BL-SEV01

Universitas Budi Luhur Luncurkan Motor Sport Listrik BL-SEV01

Universitas Budi Luhur (UBL) kembali menggebrak dunia otomotif dengan menghadirkan motor listrik terbarunya yakni BL-SEV01. Uniknya, motor listrik ini dibangun dengan bentuk sebuah motor sport lengkap dengan fairing-nya yang tampil futuristis. Tak hanya tampilannya yang sporty, tetapi dari segi kemampuannya juga bisa memberikan performa yang tinggi.

Wendi Usino selaku Rektor Universitas Budi Luhur menyampaikan rasa bangganya dengan BL-SEV01. Dirinya menyebutkan karya motor listrik ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya Budi Luhur telah membuat beberapa mobil listrik dan motor listrik.

Motor Listrik BL-SEV01

"Pada tahun 2018 kerjasama Budi Luhur dengan Institut Teknologi Surabaya menghasilkan mobil listrik BLITS. Lanjut dengan motor listrik terdapat BL-40 yang diluncurkan di 2019 lalu, kemudian motor listrik kargo BL-CEVO khusus membawa barang. Yang terakhir kami hasilkan SEV01 yang unik sebagai kendaraan sport," ujar Wendi dalam peluncuran secara daring, Kamis (14/1).

   Baca Juga: All New CBR150R Punya Upside Down, Bisa Dipasang Di Model Lama?

Wendi menyebutkan motor listrik BL-SEV01 ini dibangun dengan kolaborasi dan kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Katros Garage. Saat ini motor tersebut sedang dalam tahap pengujian untuk mendapatkan performa yang terbaik. Sujono sebagai Ketua Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL pun menyebutkan spesifikasi dan kemampuan motor listrik tersebut.

Motor Listrik BL-SEV01

"Spesifikasinya pertama dari sisi dinamo penggeraknya kami menggunakan BLDC tegangan 96 Volt dan rate power-nya 9 kW dan peak-nya 16 kW. Baterainya sendiri menggunakan lithium ion berkapasitas maksimum 200 Ah, tapi rate-nya adalah 150 Ah," ujar Sujono.

   Baca Juga: Muncul di Thailand, Kenapa Honda Belum Luncurkan PCX 160 di Indonesia?

Mengenai Baterai Management System (BMS), Sujono menyebutkan menggunakan kapasitas maksimum 200 Ampere. Hal yang sama juga disematkan pada Controller penggerak listriknya yang menggunakan kapasitas 200 Ampere. Motor listrik BL-SEV01 digerakkan dengan transmisi otomatis tanpa adanya operan gigi.

Motor Listrik BL-SEV01

"Kemampuannya kami belum melakukan tes top speed di lapangan, baru di atas simulasi dengan beberapa asumsi berat motor. Berdasarkan simulasi kemampuannya bisa sampai 130 hingga 160 km per jam untuk top speed. Kapasitas baterainya berdasarkan perhitungan di atas kertas mampu menempuh jarak 110-120 km," lanjut Sujono.

Meski sudah diluncurkan dan sedikit dicoba untuk berkeliling wilayah UBL, Sujono meyakini BL-SEV01 harus melewati beberapa tes. Di antaranya adalah tes di jalanan biasa dan pengetesan di arena balap. Dengan demikian menurutnya dapat mengetes sejumlah hal baik dari endurance, top-speed, kenyamanan, hingga pengeremannya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id