ABC Resmi Bikin Baterai Cell dan Pack untuk Motor Listrik

ABC Resmi Bikin Baterai Cell dan Pack untuk Motor Listrik

 

ABC merupakan merek baterai yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan elektrifikasi pada motor listrik yang semakin ramai, membuat ABC mencoba turut andil. Kini merek ABC membuat baterai, baik berupa cell cylindrical maupun dalam bentuk pack.

Hermawan Wijaya selaku Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC) mengatakan pihaknya sudah mulai membuat baterai motor listrik sejak 2018. Ia menyebutkan pandemi menjadi salah satu tantangan pihaknya memproduksi baterai motor listrik. Hingga akhirnya di 2021, ABC sudah mulai dapat memproduksi baterai.

Baterai ABC untuk motor listrik

"Yang kami buat itu adalah baterai cell dan baterai pack. Untuk baterai cell-nya kami pakai spesifikasi cylindrical 26650 dengan diameter 26 mm dan tinggi 65 mm. Kapasitasnya sendiri 3600 mAh dan voltasenya 3,2 V," ujar Hermawan ketika ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Aleix Espargaro: Ini adalah Mimpi yang Mulai Menjadi Nyata

Hermawan menyebutkan untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phospate. Material ini dipilih oleh ABC karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar serta memiliki daya tahan yang lebih lama. Sehingga diklaim sangat cocok untuk penggunaan motor listrik.

Baterai ABC untuk motor listrik

"Kalau nikel itu mudah terbakar kan bahaya secara produksi juga. Kalau ferro itu aman, di sisi lain dia punya life cycle sebanyak 2000 kali. Jadi kalau sehari dipakai ngecas sekali, bisa lebih dari 6 tahun pemakaiannya," papar Hermawan.

   Baca Juga: Harga Baru Honda PCX 160 dan PCX e:HEV per Juni 2022

Baterai ABC untuk motor listrik sudah dapat dibeli, namun belum didistribusikan di pasar secara bebas. Hermawan menyebutkan peminat baterai ABC untuk motor listrik dapat langsung menghubungi pihaknya. Mengenai harga, per satu cell disebut oleh Hermawan mencapai Rp 60 ribuan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id