Indonesia Siap Produksi Dua Juta Motor Listrik

Indonesia Siap Produksi Dua Juta Motor Listrik

 

Dalam rangka meningkatkan populasi electric vehicle, pemerintah terus melakukan terobosan dengan konversi kendaraan bermotor bahan bakar menjadi bertenaga listrik. Hal itu tercantum dalam Peraturan Menhub Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Selain itu, upaya lainya dalam percepatan program kendaraan bermotor listrik untuk transportasi adalah dengan pencapaian target produksi dua juta sepeda motor listrik di Indonesia.

"Kami terus melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle, baik itu untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Khusus untuk roda dua, ada target dari Presiden Jokowi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang dilansir dari Kemenperin.

Motor listrik

   Baca Juga: Berminat Meminang Motor Listrik? Ketahui Dulu Beberapa Hal Ini

Agus optimistis target dua juta sepeda motor listrik di Tanah Air sangat realistis, mengingat animo dari para investor untuk membuka fasilitas produksi motor listrik cukup besar. Saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas satu juta unit kendaraan per tahun dan ditargetkan meningkat dua juta unit hingga tahun depan.

   Baca Juga: Masih Mahal, Konversi Motor BBM ke Listrik Akan Dapat Subsidi

Motor Listrik Viar N1 dan Viar N2

Dalam upaya mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, Kementerian Perindustrian sedang mempersiapkan satu standar baterai yang sama. Sehingga, penggunaan charging station dan swap battery akan bisa lebih mudah. 

“Terkait hal ini, Kemenperin sedang melakukan pembicaraan dengan produsen sepeda motor dan produsen dari baterai supaya ada keseragaman dari baterai, sehingga baterai yang digunakan dari Aceh sampai Papua semuanya sama. Proses ini sedang berlangsung,” ujar Agus.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id