Konsorsium Pengguna Swap Battery Kini Bertambah Menjadi 21 Anggota

Konsorsium Pengguna Swap Battery Kini Bertambah Menjadi 21 Anggota

 

September 2022 menandai tepat setahun sejak Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha menyepakati kerja sama membentuk Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) bagi kendaraan listrik mereka. Namun, baru-baru ini sebuah perusahaan penyedia catu daya, Swobee ikut serta dalam kegiatannya.

Dilansir dari rideapart, SBMC menyatakan pada 15 September bahwa konsorsium tersebut sudah bertumbuh pesat. Kini terdapat 21 anggota, seperti yang sudah berkumpul di markas KTM di Mattighofen, Austria pada Juli lalu untuk mendiskusikan hal mengenai swap battery.

   Baca Juga: Arti dan Fungsi Porting Polish di Mesin Motor, Tingkatkan Performa?

Seiring terbukanya keanggotaan untuk bergabung dalam SBMC, saat ini anggotanya terdiri dari AVL, Ciklo, Fivebikes, Forsee Power, Hioki, Honda, Hyba, JAMA (Japan Automobile Manufacturers Association), Kawasaki, KTM, KYMCO, NIU, Piaggio, Polaris, Roki, Samsung, Sinbon, Sumitomo Electric, Suzuki, Swobee, Vitesco, VeNetWork, dan Yamaha.

Motor Listrik Yamaha E01

Kini kelompok tersebut menyatakan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuannya, meski masih belum menentukan garis waktu. Mereka tetap mengembangkan platform untuk sistem swap battery yang bisa digunakan bersama dan mengembangkan infrastrukturnya.

   Baca Juga: 94 Motor Listrik akan Kawal Perhelatan KTT G20

Untuk spesifikasi yang sesuai, sudah dicapai kesepakatan. Saat ini kabarnya sudah memasuki fase pembuatan prototipe dan standarisasi. Tentunya, diharapkan agar segera dilakukan ke tahap uji coba. Dengan standarisasi mengenai baterai yang bisa digunakan bersama ini, hal-hal yang terasa sulit pada kendaraan listrik, seperti stasiun pengisian listrik beserta infrastrukturnya bisa dikesampingkan.

Pengguna motor listrik nantinya hanya perlu menukar baterai yang sudah terisi penuh di tempat yang tersebar di berbagai titik tanpa harus menunggu lama.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id