Arti dan Fungsi Porting Polish di Mesin Motor, Tingkatkan Performa?

Arti dan Fungsi Porting Polish di Mesin Motor, Tingkatkan Performa?

 

Saat ini modifikasi sudah menjadi hal yang sangat lazim dilakukan oleh para pemilik motor. Seperti melakukan modifikasi pada bagian mesin motor untuk meningkatkan performa. Salah satu cara yang sering dilakukan yaitu porting polish. Lantas, apa sih porting polish? Benarkah bisa meningkatkan performa mesin?

Anggi selaku Mekanik dari R59 Matic Shop menjelaskan porting itu artinya melakukan pembentukan ulang saluran bahan bakar masuk dan buang agar sesuai dengan tujuan mekanik dalam membangun sebuah mesin. “Paling sering sih memperbesar lubang yang awalnya kecil,” ucap Anggi saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Komparasi Spesifikasi Honda CBR250RR Baru dan Lama, Apa yang Beda?

Arti dan Fungsi Dari Porting Polish di Mesin Motor

Anggi menjelaskan tujuan utama porting polish adalah membuat sebanyak mungkin bahan bakar masuk ke ruang bakar agar terjadi peningkatan tenaga. “Jadi, kalau dipikir semakin banyak bahan bakar yang dibakar, otomatis akan membuat dorongan ke piston menjadi lebih kuat. Makanya, efeknya tenaga meningkat,” jelas Anggi.

   Baca Juga: Klasemen MotoGP 2022 Usai Seri Aragon, Spanyol: Cuma Beda 10 Poin!

Namun, dalam melakukan porting polish tidak boleh asal besar. “Pada saat melakukan porting polish juga harus dipikirkan kecepatan aliran bahan bakar dan udara yang melewati lubang porting. Jadi bukan hanya asal besar saja,” terangnya.

Nah, jadi tujuan dari porting polish adalah memperbanyak aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar agar terjadi peningkatan daya di mesin. Sehingga jangan heran, biasanya setelah lakukan porting polish konsumsi bahan bakar mesin juga akan menjadi lebih boros.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id