Usung Tampang Sport Naked, Begini Konsep Motor Listrik Triumph TE-1

Usung Tampang Sport Naked, Begini Konsep Motor Listrik Triumph TE-1

 

Pabrikan motor asal Inggris, Triumph tidak ingin ketinggalan di tengah gencarnya kehadiran motor listrik. Pada awal 2022 ini pabrikan tersebut sedang membuat konsep motor listrik yang bernama Triumph TE-1. Kalau dilihat secara tampilan konsepnya mengusung gaya sport naked.

Jika dilihat dari desain bagian headlamp, motor ini hampir mirip dengan saudaranya, yakni Triumph Street Triple 675. Menjadi motor listrik pertama, Triumph TE-1 merupakan hasil kolaborasi antara dua merek Inggris, yaitu Triumph dan Williams Advanced Engineering (WAE). Namun, dengan pembagian pengembangan yang berbeda. Triumph bertanggung jawab atas desain seluruh bodi dan WAE fokus pada desain pengembangan modul serta baterai berkinerja tinggi.

   Baca Juga: Tabel Klasemen Sementara MotoGP 2022 Usai Seri Catalunya, Spanyol

Konsep Motor Listrik Triumph TE-1

Secara desain, untuk frame dibanding dengan motor bermesin bensin, wujudnya tampak lebih besar dan kekar. Hal ini karena perlu menopang bobot baterai yang terbilang berat. Kalau dari bagian suspensi bisa dilihat memakai merek Ohlins dan untuk pengereman terpasang merek Brembo radial.

Kemudian, WAE fokus merancang modul dan baterai yang digunakan serta titik keseimbangan dan sektor pendinginan sistem elektrik di motor. Bisa dilihat terpasang tiga buah radiator yang terpasang di bagian depan.

Konsep Motor Listrik Triumph TE-1

Di segi performa, Triumph TE-1 ini mampu berakselerasi hingga 174,3 hp dalam waktu singkat. Tenaga maksimum terus menerus sekitar 120,7 hp. Selain itu, sistem Integrated Inverter diklaim memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tenaga lebih dari 670 hp.

Motor listriknya terletak di bagian tengah motor. Kemudian, tenaganya disalurkan ke roda belakang menggunakan sistem belt. Terdapat 4 riding mode untuk mengatur besaran tenaga serta daya tempuh yang bisa dipilih sesuai selera.

Konsep Motor Listrik Triumph TE-1

Sementara itu, pengujian ketahanan Triumph TE-1 dibantu oleh Warwick Manufacturing Group, termasuk soal sistem elektronik seperti Traction Control dan pengereman.

   Baca Juga: Intip Harga Terbaru Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155 per Juni 2022

“Sangat menyenangkan melihat kemajuan Tahap 3 Proyek Triumph TE-1 dengan sepeda motor listrik. Motor yang akan diuji dalam kehidupan nyata setiap orang yang terlibat dengan Triumph bangga menjadi bagian dari kolaborasi Inggris yang inovatif ini. Secara pribadi saya senang dengan hasil yang telah kami capai dengan mitra kami,” kata Nick Bloor, CEO Triumph dikutip dari Bennetts.

Motor tersebut untuk saat ini masih dalam tahap pengetesan dan diharapkan selesai sebelum akhir 2022. Namun, direncanakan baru akan meluncur ke pasaran di 2024.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id