Meski Ikut Konsorsium, Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Pakai Baterai Lain

Meski Ikut Konsorsium, Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Pakai Baterai Lain Kawasaki Ninja e-1 baterai.
Sabtu, 7 Oktober 2023 16:31
Benny Averdi

OTORIDER - Awal Oktober lalu, Kawasaki memperkenalkan Ninja e-1 dan Z e-1 di Amerika Serikat. Jika mundur ke Maret, Kawasaki bergabung dalam konsorsium dengan Honda, Yamaha, dan Suzuki guna membuat perusahaan produsen pertukaran baterai yang bernama Gacacho.

Namun, publik pun bertanya-tanya baterai apa yang digunakan oleh Kawasaki Ninja EV dan Z EV? Apakah akan memakai baterai yang juga digunakan skuter tersebut?

Jika dilihat dari foto yang ada di brosur, Kawasaki tidak menggunakan baterai seperti Honda Mobile Power Pack, meski bisa juga Gacacho membuatnya dalam bentuk yang lain.

Tetapi, memang benar, Kawasaki bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis, Forsee Power dalam membuat baterai untuk sistem pertukaran baterainya. 

Ninja e-1 dan Z e-1 menggunakan sepasang baterai yang masing-masing berdaya 1,6 kWh dengan 48 volt yang sanggup ditukar-pakai sebanyak 10 ribu kali.

batery
Ninja dan Z menggunakan dua buah baterai.

Forsee Power sendiri adalah perusahaan yang membuat baterai untuk kendaraan ringan dan berat, termasuk bus serta didirikan sejak 2012. Selain itu, juga baterai peralatan pertanian seperti Kubota hybrid agrikultur dan sepeda motor.

Akhir September lalu, Forsee memperkenalkan kantornya di Yokohama, Jepang. Dalam perkenalan itu, disebutkan Forsee menjadi penyedia baterai bagi Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1.

"Kami sangat bangga Kawasaki telah memilih Forsee Power untuk menggerakkan sepeda motor Ninja legendaris dan model Z. Ini adalah pertanda baik bagi elektrifikasi sepeda motor ketika pemimpin dunia seperti Kawasaki meluncurkan dua model versi listrik yang telah meraih kesuksesan di kalangan pengendara selama bertahun-tahun," ungkap Christophe Gurtner, CEO dan Pimpinan Forsee, seperti dikutip dari rideapart. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.