Motor listrik Savart S-1 Gunakan Belt Khusus untuk Jalanan Indonesia

Motor listrik Savart S-1 Gunakan Belt Khusus untuk Jalanan Indonesia Motor Listrik Savart S-1.
Selasa, 31 Oktober 2023 10:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER -  Motor listrik Savart S-1 menggunakan sistem penggerak mid drive, yang mana membutuhkan perangkat tambahan untuk menyalurkan tenaga ke roda dengan belt. Selain desain unik, yang berbeda area belt dari motor listrik ini terbuka alias tidak tertutup.

Hal itu menjadi pertanyaan, apakah tidak akan kemasukan air, debu, dan juga batu kerikil? COO PT Garda Energi Nasional Indonesia (Savart EV), Gerry mengatakan belt yang digunakan didesain khusus.

“Kita menilai hal tersebut cukup aman. Kami memang sudah mengantisipasi hal-hal itu. Sehingga materi-materi asing yang masuk, seperti krikil, bisa keluar dengan sendirinya,” kata Gerry di booth Savart EV, Kamis (26/10).

Pemilihan belt ini difungsikan agar tenaganya bisa lebih efisien. Pasalnya, jika menggunakan rantai, maka akan lebih berisik. "Kalau perputan mesin hening, maka pertanda energinya tertransmisi semuanya ke roda. Tetapi jika terdapat suara, energi yang masuk ke dalam hanya sebagai suara saja," papar Gerry.

Savart
Belt Savart S-1.

Berbekal desain model mid drive dan juga belt, motor ini disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia. "Dari kondisi medan jalanan di Indonesia banyak berbukit dan tanjakan, banyak yang berlubang dan ada juga yang mulus. Dengan adanya mid range, maka kita ada rasio pengendali dari dinamonya supaya torsinya cukup tinggi," ujar Gerry.

Savart S-1 sendiri menggunakan baterai Lithium Ion NMC dengan spesifikasi 72 V 65 Ah dan motor penggerak berdaya setara dengan 18,7 daya kuda serta torsi 250 Nm. Savart S-1P insigna harganya Rp 45 juta tanpa baterai dan Rp 58 juta yang sudah memakai baterai serta charger. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.