Pemerintah Kucurkan Dana Hingga Rp 350 M untuk Subsidi Motor Listrik

Pemerintah Kucurkan Dana Hingga Rp 350 M untuk Subsidi Motor Listrik
Kamis, 15 Juni 2023 11:45
Afrizal Abdul Rahman

Pemerintah bakal mengucurkan dana segar untuk program berkelanjutan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) hingga 2024. Kabarnya, dana tersebut mencapai angka Rp350 miliar.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Menurutnya, angka itu diberikan untuk 50 ribu unit motor listrik saja, tidak termasuk mobil.

"Itu (Rp350 M) untuk motor saja, untuk roda empat belum dibahas," katanya usai rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta dikutip dari laman Kompas.

   Baca Juga: Hasil MotoGP Mugello, Italia 2023: Ducati Mendominasi!

Sampai saat ini, sejumlah model motor listrik sudah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40 persen. Artinya, banyak model yang telah mendapat subsidi dan bisa dipilih oleh masyarakat luas.

Dari data yang ada, terdapat beberapa pabrikan yang bisa menjadi pilihan. Di antaranya meliputi Gesits, United, Smoot, Volta, Selis, Viar, Rakata, dan Polytron.

   Baca Juga: Harga Ban Yamaha NMax 155, Mulai Rp 200 Ribuan

Dalam hal ini, APM juga dilarang untuk menaikkan harga jual produk selama pemberian subsidi priode 2023-2024. Ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.