Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Berlaku untuk 1 KTP Per Unit

Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Berlaku untuk 1 KTP Per Unit
Rabu, 30 Agustus 2023 15:00
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Pemerintah telah resmi melakukan perluasan untuk subsidi pembelian motor listrik. Hal ini berlaku setelah adanya penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No. 6 Tahun 2023 soal Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Roda Dua.

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan penjelasan. Menurutnya, program bantuan diberikan untuk satu kali pembelian KBL Berbasis Baterai Roda Dua dengan satu nomor induk kependudukan (NIK) yang sama.

   Baca Juga: GALERI: Keseruan Honda Modif Contest 2023 Seri Pekanbaru

“Artinya, masyarakat yang ingin mendapatkan program bantuan pemerintah ini syaratnya adalah WNI berusia paling rendah 17 tahun dan memiliki KTP elektronik. Satu NIK KTP bisa membeli satu unit motor listrik,” jelas Menperin dalam keterangan resminya.

Melalui program bantuan pemerintah ini, masyarakat bakal mendapat potongan harga sebesar Rp7 juta untuk pembelian satu unit KBL Berbasis Baterai Roda Dua.

Detail Tampilan Gesits Raya E

Dasar utama perubahan kebijakan ini adalah untuk percepatan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri serta mewujudkan Indonesia yang lebih bersih. "Tujuan tersebut, tentu akan berdampak terhadap peningkatan investasi, memacu produktivitas dan daya saing industri serta perluasan tenaga kerja,” ujar Agus.

   Baca Juga: Daftar Juara Honda Modif Contest 2023 Pekanbaru, Siapa Saja?

Sesuai Permenperin 21/2023, dealer perlu melakukan pemeriksaan kesesuaian data pembeli berbasis NIK yang terintegrasi dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Pemeriksaan ini menggunakan sistem informasi yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian. Data itu disebut Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (SISAPIRa). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.