Target 200.000 Unit Motor Listrik Subsidi Tidak Tercapai Tahun Ini

Target 200.000 Unit Motor Listrik Subsidi Tidak Tercapai Tahun Ini Ilustrasi motor listrik subsidi.
Jumat, 8 Desember 2023 19:18
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Penyerapan bantuan subsidi motor listrik yang tidak signifikan membuat program ini tak mencapai target 200 ribu unit pada 2023. Walaupun sudah dibantu dengan subsidi sebesar Rp7 juta, nyatanya baru 4.148 yang tersalurkan. 

Adapun yang tengah melalui proses pendaftaran sekitar 6.529 unit. Angka tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai penerima bantuan dan telah mendapatkan potongan harga pembelian KBL Berbasis Baterai Roda Dua atau status sedang menunggu penerbitan STNK dan BPKB.

"Kalau dari sisi produksi, kita bisa banyak. Masalahnya adalah di permintaan dan tampaknya memang tidak akan sampai target 200.000 unit," ujar Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif dikutip dari Antara, Minggu (3/12).

Padahal, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) dan membebaskan bagi seluruh masyarakat dari yang awalnya hanya empat golongan menjadi 1 NIK untuk 1 unit motor listrik.

Di sisi lain, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), Budi Setyadi mengatakan selain kurangnya minat masyarakat, ditambah belum ada dealer motor listrik yang tersebar merata di daerah Indonesia.

"Saya tadi pagi dapat telepon dari Jember nanya, saya mau beli motor listrik subsidi, ternyata di Jember belum ada padahal kota besar di Jawa Timur,” kata Budi dalam pameran Inabuyer EV EXPO 2023.

Selain terbatasnya jumlah dealer, ia juga menambahkan merek-merek motor listrik yang sudah memiliki TKDN 40 persen masih terpusat di Jakarta. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.