Tekan Polusi Udara, AstraZeneca Gunakan 150 Motor Listrik

Tekan Polusi Udara, AstraZeneca Gunakan 150 Motor Listrik Motor listrik AstraZeneca.
Rabu, 1 November 2023 14:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Dalam menekan angka polusi udara, salah satu perusahaan vaksin Covid-19, AstraZeneca menggunakan 500 kendaraan listrik yang terdiri dari 150 motor listrik dan 350 mobil listrik sebagai armada operasionalnya.

"Transisi armada AstraZeneca ke kendaraan listrik merupakan inisiatif keberlanjutan terbaru kami yang mencerminkan komitmen AstraZeneca terhadap Janji Sustainable Healthcare, yang berdampak pada pengurangan hingga 900 ton metrik emisi karbon," kata Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia, Se Whan Chon di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10).

Ia menambahkan, pemerintah Indonesia juga memberikan kemudahan untuk bisa mewujudkan program ini. Di antaranya seperti membantu dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. "Pemerintah Indonesia sangat mendukung dan ini adalah bukti bahwa pemerintah Indonesia 100% mendukung inisiatif dan upaya untuk membangun yang lebih hijau,” papar Se Whan.

Salah satu motor listrik yang digunakan adalah Volta 401, yang sudah resmi mendapat subsidi dari pemerintah. Untuk sepesifikasinya, dilengkapi motor listrik bertenaga 1.500 W yang dapat mencapai kecepatan maksimal 55 km/jam. Untuk pengisian daya, baterai Volta 401 membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam hingga penuh.

Motor
Direktur Volta, Iwan Suryaputra. (Foto: Gilang/Otorider)

Disematkan juga fitur-fitur canggih, seperti layar LCD touchscreen, GPS, Bluetooth, speaker, kamera depan dan belakang, lampu LED serta alarm. Dengan harga yang sudah dipotong subsidi, motor ini dijual sekitar Rp9,95 juta.

"Sinergi antara Volta dan AstraZeneca merupakan langkah besar dalam ranah mobilitas berkelanjutan. Integrasi yang mulus antara sepeda motor listrik Volta ke dalam bisnis kesehatan, meliputi teknologi mutakhir dan infrastruktur yang kuat, menjanjikan dampak yang mendalam dan bermanfaat untuk keberlanjutan lingkungan maupun efisiensi operasional AstraZeneca," ujar Direktur Volta, Iwan Suryaputra di tempat yang sama.

Di Jakarta sendiri, kualitas udara cukup mengkhawatirkan. Sehingga, pemerintah mengadakan kembali tilang bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. "Transisi kendaraan listrik yang menjadi program pemerintah untuk masa depan yang ramah lingkungan dan rendah karbon dengan efisiensi yang tinggi, menjadi salah satu upaya dekarbonisasi yang tepat," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves, Nani Hendiarti. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.