Cara Aman Mengendarai Motor Listrik yang Tanpa Suara

Cara Aman Mengendarai Motor Listrik yang Tanpa Suara Dealer Honda yang menjual motor listrik EM1 e:.
Sabtu, 2 Maret 2024 16:45
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Selain tidak menghasilkan polusi udara, perbedaan antara motor listrik dengan motor bermesin konvensional adalah bunyi yang minim ketika digunakan saat berkendara. Karena minim suara, sehingga dianggap sebagai suatu kekurangan, serta menimbulkan risiko kecelakan ketika digunakan di jalan raya.

Untuk mengatasi hal itu, Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto menyarankan sebagai pengendara motor listrik sebaiknya menggunakan pakaian atau riding gear berwarna cerah. Selain itu, pengendara harus aktif menggunakan klakson.

"Karena motor listrik tidak memiliki suara, pengendara harus aktif menggunakan klakson. Tujuannya agar kendaraan di sekeliling dapat mengetahui keberadaan kita," papar Hendrik di Jakarta, Rabu (28/2).

Menurutnya, dengan mengklakson artinya pengendara sedang melakukan prediksi bahaya. "Selain itu, mengendarai motor listrik kita wajib mengubah cara berkendara. Jangan samakan cara bawa semua motor, itu bisa fatal. Karena fitur, teknologi berbeda," ujar Hendrik.

Lebih lanjut soal suara motor listrik, dalam seminar yang pernah diadakan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS), terdapat wacana untuk menambah suara pada motor listrik. Rencana untuk mengatur motor listrik lebih bersuara, bukan untuk membuat kendaraan tersebut jadi berisik atau lebih bising.

"Salah satu kelebihan motor listrik selain minim polusi juga tanpa suara. Tapi bahwasannya dalam regulasi global, ternyata itu dipandang juga oleh pakar-pakar transportasi adalah sebuah hazard atau bahaya,” ujar Kasubdit Manajemen Keselamatan Kementerian Perhubungan, Heri Prabowo.

Ia pun menyarankan perilaku para pengendara harus diubah. Misalnya, saat menyebrang jalan atau mau berbelok, jangan hanya mengandalkan telinga. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.