EVITS TS-1 Hadir Jadi Motor Listrik Buatan Indonesia Berikutnya

EVITS TS-1 Hadir Jadi Motor Listrik Buatan Indonesia Berikutnya EVITS TS-1.
Selasa, 23 Januari 2024 10:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Perkembangan motor listrik di Indonesia kian pesat. Tidak hanya produk luar negeri yang beredar, ada juga motor listrik produksi Indonesia. Setelah Gesits, United, dan Smoot, kini ada motor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Motor listrik anyar itu diberi nama EVITS TS-1. Model ini dapat mencapai jarak tempuh hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 km/jam. Performanya didukung dua baterai lithium berkapasitas 60V 26Ah. Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng. mengatakan motor ini merupakan kerja sama antara PT ITS Tekno Sains, ITS dengan PT Panggung Electric Citrabuana.

"Untuk menempuh kecepatan maksimal 55 km/jam, akselerasinya membutuhkan tujuh sampai delapan detik dan total desainnya dibuat oleh ITS. Demikian juga beberapa part-nya dari ini menjadi kebanggaan kami di ITS," kata Prof. Ashari dikutip dari situs resmi ITS Surabaya, Senin (22/1).

ITS yang sebelumnya juga memproduksi Gesits sebagai motor listrik pertama mengklaim EVITS ini telah berkembang dari berbagai lini. Sistem integrasi yang menjadi otak dari EVITS TS-1 juga lebih canggih. "Integrasi dari controller ke motor serta sistem manajemen baterainya jauh lebih baik," papar Direktur PT ITS Tekno Sains, Dr. Ir. I Ketut Gunarta MT.

Motor ini memiliki tampilan yang gagah dan sporty. Motor tersebut menggunakan motorhub yang dikatakan tidak menimbulkan suara bising saat digunakan. "Terbukti saat uji coba tadi, EVITS ini nyaman sekali saat dinaiki," ujar Gunarta.

Ia menginformasikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk ini diperkirakan mencapai sekitar 60 persen. EVITS TS-1 sendiri dibanderol dengan harga Rp20 jutaan dan sudah mendapat minat yang cukup tinggi dari masyarakat.

"Kami menargetkan dapat produksi 1.000 EVITS. Sebelumnya pada produksi perdana ITS telah memproduksi 250 EVITS TS-1 yang sudah sold out," tutur Gunarta. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.