Kenali Tiga Penyebab Motor Listrik Terbakar, Apa Saja?

Kamis, 3 Oktober 2024 13:45
Ilham Pratama

Penggunaan motor listrik di Indonesia semakin masif. Namun ada potensi bahaya yang sebenarnya bisa terjadi, yakni kebakaran.

Kenali Tiga Penyebab Motor Listrik Terbakar, Apa Saja? Ilustrasi Motor Listrik Terbakar. (Foto: Otorider/Ilham)

OTORIDER - Penggunaan motor listrik di Indonesia semakin masif, bahkan kuota insentif yang disediakan pemerintah saat ini sudah ludes. Namun, ada potensi bahaya yang sebenarnya bisa terjadi, yakni kebakaran.

Kebakaran motor listrik umumnya disebabkan oleh api dari bagian baterai yang kerap disebut thermal runway. Ini bukan kebakaran yang terjadi dari luar baterai, tapi dari komponen dalamnya.

"Thermal runaway tak perlu oksigen untuk terbakar. Karena bagian dalam baterai akan menjadi bahan bakarnya sendiri," buka Budi Satrio, Produk Manager PT Indolok Bakti Utama, produsen alat pemadam merek Gunnebo dan Indolok saat ditemui pada Rabu (2/10).

Lebih detail, Budi menyebut ada tiga penyebab umum yang membuat baterai motor listrik mengalami thermal runway.

1. Baterai Overheat

Faktor pertama, potensi kebakaran di motor listrik yang umum bisa jadi karena baterai overheat saat mengecas. Hal ini ada beberapa sebab, seperti kerusakan di alat charger. "Ada panas berlebihan karena malfungsi charger," ucapnya.

Panas saat pengecasan ini selain karena malfungsi alat charger, bisa juga karena baterai over current atau sudah melewati kapasitasnya.

Dirinya menambahkan baterai juga memiliki siklus atau usia baterai. "Jika sudah melewati masa siklusnya, mengurangi performanya. Suhu akan lebih panas saat dicas," wanti Budi.

2. Terjadi Benturan

Penyebab lain yang membuat baterai terbakar adalah faktor impact atau benturan. Dalam kondisi ekstrem, benturan bisa menyebabkan kebakaran baterai.

3. Korsleting Arus Listrik

Lalu, penyebab terakhir adalah short circuit atau korsleting. Arus listrik yang tak stabil akan menyebabkan percikan api dan menjalar ke sistem kelistrikan serta bisa berujung kebakaran di motor listrik. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.