Pengguna Motor Listrik Bertambah, Muncul Modus Pencurian Baterai

Pengguna Motor Listrik Bertambah, Muncul Modus Pencurian Baterai Ilustrasi baterai motor listrik.
Kamis, 22 Februari 2024 12:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Semakin berkembangnya motor listrik di Indonesia, terdapat modus kejahatan jenis baru yaitu pencurian baterai. Hal ini salah satunya pernah dialami oleh komunitas sepeda motor listrik (Kosmik). Baterai motor listrik sendiri memang gampang diambil karena kebanyakan model swap yang tinggal cabut dari bagasi, apalagi jika driver lupa menutup bagasi pada motornya.

Alhasil, baterai motor listrik yang harganya mahal itu pun raib seketika. Sehingga, membuat motor listrik tidak bisa digunakan. Pencurian ini juga terjadi di Italia, yang mana para pemilik kendaraan listrik kini sedang diresahkan oleh sejumlah oknum pencuri baterai kendaraan sebagaimana dikutip dari Ride Apart.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko mendorong produsen motor listrik untuk membuat inovasi baru terhadap baterai agar aman dari tindak pencurian.

"Karena baterai itu begitu dibuka tempat duduknya memang bisa diambil baterainya. Ini juga harus ada pengaman yang perlu dipikirkan. Itu kan bagian dari kebutuhan konsumen, bagaimana dia mengamankan, bukan hanya sepeda motor, tapi baterainya juga sekarang,” ujar Moeldoko saat melakukan kunjungan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Selasa (20/2).

Dalam grup Facebook Kosmik Indonesia (Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia) pun terdapat sebuah video pencurian baterai Viar Q1. Meskipun terdengar baru bagi sebagian masyarakat, kasus ini ternyata telah menjadi langganan terjadi di kalangan pengendara ojol. 

Dalam melancarkan aksinya, tak butuh waktu lama untuk baterai motor listrik berpindah tangan. Cukup 20 detik saja pencuri bisa mengambil baterai tersebut. Padahal, rata-rata baterai motor listrik dihargai Rp 5-8 jutaan per unit.

"Memang perlu ada desain baru untuk melindungi baterai, saya pikir produsen harus menangkap masalah itu," ujar Moeldoko. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.