Hal Ini yang Menghambat Perkembangan Motor Listrik di Indonesia

Hal Ini yang Menghambat Perkembangan Motor Listrik di Indonesia Motor listrik Gesits G1 DLX.
Kamis, 22 Februari 2024 12:30
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - 11.532 unit motor listrik sudah tersalurkan dari total 200.000 unit kuota subsidi pemerintah sepanjang 2023. Meskipun tidak mencapai target, pemerintah tetap menyiapkan kuota subsidi sebanyak 50.000 unit pada 2024.

Walaupun ada subsidi sebesar Rp7 juta, nyatanya penjualan motor listrik masih sepi peminat. Menurut Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko kurangnya minat masyarakat terhadap motor listrik karena kemampuan teknologi baterai saat ini.

"Di pasaran saat ini hanya mampu menempuh jarak di kisaran 50 hingga 60 kilometer (km). Sehingga kalau orang di Tangerang mau ke Jakarta (jarak tempuh motor) 60 km masih akan pikir-pikir, nanti isi dayanya di mana?" ujar Moeldoko saat kunjungan ke IIMS 2024, Selasa (20/2).

Waktu pengisian daya juga menjadi salah satu kendala dalam pertumbuhan motor listrik. Saat ini, waktu pengisian daya masih terbilang lama, dengan rata-rata lebih dari dua jam, bahkan beberapa hingga empat jam. 

Lainya halnya jika di mobil listrik. Chery Omoda E5 misalnya, dapat mengisi daya dari 30 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 28 menit.

Moeldoko berharap industri motor listrik lebih berkembang dengan segala inovasi yang perlu dikembangan. "Rata-rata sekarang harga baterai motor antara Rp9 juta sampai Rp10 juta. Kalau nanti bisa antara Rp6,5 juta sampai Rp6 juta itu pasti orang mungkin tertarik menggunakan motor listrik," papar Moeldoko. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.