Tips Agar Baterai Motor Listrik Tidak Cepat Habis Saat Berkendara

Tips Agar Baterai Motor Listrik Tidak Cepat Habis Saat Berkendara Motor listrik Honda EM1 e:.
Kamis, 7 Maret 2024 16:30
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Para pengguna motor listrik pasti mempunyai ketakutan kehabisan baterai saat sedang berkendara. Baterai motor listrik sendiri bisa saja mengalami masalah seperti cepat habis karena berbagai faktor, mulai dari gaya berkendara hingga kondisi jalan yang dilewati.

"Sama seperti motor bensin, gaya riding yang agresif sering buka gas besar, bikin penggunaan daya baterai motor listrik jadi boros," kata Technical Service Division (TSD) PT Astra Honda Motor (AHM), Reza Resdie beberapa waktu lalu.

Baterai motor listrik cepat habis juga bisa terjadi akibat kondisi jalan yang dilewati, seperti banyak tanjakan layaknya di daerah pegunungan. "Pada saat melewati medan seperti ini, motor listrik butuh tenaga yang lebih besar, dengan begitu baterai juga mengelurkan daya lebih ke motor listrik yang membuat konsumsi baterai jadi lebih boros," papar Reza.

Setiap pabrikan motor lsitrik pastinya telah membuat batasan bobot penumpang agar tidak terjadi dinamika pada komponen motor. Membawa beban yang melebihi batasan, tentu membuat daya baterai cepat habis. "Faktor berat badan pengendara dan barang bawaan juga mempengarungi cepat habisnya baterai," ujar Reza.

Penggunaan sesuai prosedur dan perawatan yang baik terhadap baterai motor listrik sangatlah penting untuk memperpanjang umur baterai. Umur baterai sendiri dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti penggunaan, perawatan, dan kondisi lingkungan. Secara umum, baterai motor listrik dapat bertahan antara 3 hingga 5 tahun. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.