Usai Kalahkan Tesla, BYD Ikut Terjun di Pasar Motor Listrik

Usai Kalahkan Tesla, BYD Ikut Terjun di Pasar Motor Listrik Motor listrik BYD.
Selasa, 27 Februari 2024 14:10
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Build Your Dreams (BYD), produsen kendaraan listrik asal China yang memproduksi mobil listrik dan baterai EV mengumumkan rencananya untuk memasuki pasar sepeda motor listrik. Hal itu diawali dengan investasi dan penelitian serta pengembangan baterai khusus kendaraan roda dua.

Dikutip dari carnewschina.com, FinDreams selaku anak perusahaan baterai yang sepenuhnya dimiliki BYD dikabarkan akan memproduksi baterai yang aman dan andal untuk pasar kendaraan roda dua. Karena, menurut data dari Biro Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional, terdapat 21.000 kebakaran kendaraan roda dua listrik yang dilaporkan di Tiongkok pada 2023. Angka itu meningkat sebesar 17,4% dibandingkan 2022 yang diduga disebabkan dari masalah baterai.

FinDreams bakal berkolaborasi dengan pihak ketiga untuk mengembangkan baterai yang dapat ditempatkan di dalam ruangan. "Misi kami adalah membiarkan orang menggunakan baterai tanpa rasa khawatir,” ujar FinDreams.

Merek yang baru saja mengikuti pameran IIMS 2024 ini, ternyata juga sudah memiliki pengalaman dengan sepeda motor listrik. Pada Juli 2023, BYD menandatangani kontrak dengan merek kendaraan roda dua asal Singapura, Scorpio Electric guna merakit skuter listrik pertama bernama X1 di Shenzhen untuk pasar Tiongkok.

Meski X1 diproduksi oleh BYD, namun tidak dilengkapi dengan baterai LFP BYD, melainkan paket dari Samsung. "Perkembangan X1 terlalu maju untuk kita alihkan. Namun kami sedang berdiskusi dengan BYD untuk menggunakan baterainya untuk produk masa depan," jelas Scorpio Electric kepada Businesstimes dikutip dari carnewschina.com.

BYD sendiri sukses merajai penjualan mobil listrik di dunia dalam kurun dua tahun terakhir, yang mana mampu mengalahkan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla. Lebih lanjut, langkah BYD memasuki pasar sepeda motor listrik merupakan upaya strategis dalam memperluas jangkauan di industri kendaraan listrik. Pasar sepeda motor listrik global pun tengah berkembang pesat, dan BYD ingin mengambil bagian dalam pertumbuhan ini. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.