Dorna Pastikan MotoGP Indonesia Tetap On Schedule. Ini Tahapannya

Dorna Pastikan MotoGP Indonesia Tetap On Schedule. Ini Tahapannya
Selasa, 22 Desember 2015 16:00
Fitra Eri

Irawan Sucahyono selaku Adviser Sentul International Circuit yang mengurusi gelaran MotoGP Indonesia 2017 sejak awal, terdengar tidak panik mendengar kabar dialihkannya gelaran ke Finlandia. Karena menurutnya itu tidak benar, dan pihaknya telah mendapat kepastian dari Dorna selaku promotor MotoGP.

"Kita itu sudah mengantungi Letter of Intent (LOI) yang ditandatangani pemerintah Indonesia dan Dorna," ucap Irawan saat kami hubungi langsung via telepon. "LOI itu telah diteken sejak Oktober lalu, sekarang tinggal menunggu tanda tangan kontrak."

Menurut Irawan, LOI itu berarti kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Dorna. Nah, di antara penandatanganan LOI dan kontrak, pihak Indonesia tinggal melengkapi dokumen serta menyampaikan detail mengenai penyelenggaraan di 2017 yang lantas didiskusikan dengan Dorna. Setelah semua oke, barulah kontrak ditandatangani. "Kontrak MotoGP Indonesia akan ditandatangani pada 31 Januari 2016."

Apakah sebelum kontrak berarti bisa dibatalkan secara sepihak oleh Dorna, seperti yang banyak diberitakan media kemarin? "Tentu tidak. Kan sudah sepakat. Kalaupun ada yang kurang atau terjadi kesalahan dari kami, akan diberi peringatan sebelumnya. Sampai sekarang fine, tidak ada warning apapun dari Dorna."

Bahkan Irawan bilang kalau ia semalam bertelepon dengan pihak Dorna sembari mengadukan kalau banyak pemberitaan menyebut Finlandia mengambil jatah Indonesia di 2017. "Mereka hanya tertawa dan bilang Indonesia tak perlu khawatir karena itu tidak benar. Finlandia memang sangat menginginkan MotoGP, tapi Dorna tetap memilih Indonesia karena pasar motor yang besar di sini. Apalagi LOI sudah ada antara mereka dan kita, tinggal menunggu kontrak."

Bila tanda tangan kontrak sudah dilakukan, maka dana dari pemerintah akan keluar. Rinciannya, 7 juta Euro untuk Dorna, Rp 150 miliar untuk renovasi Sentul, sekitar Rp 50 miliar untuk penyelenggaraan serta US$ 1 juta untuk fee Hermann Tilke sebagai perancang sirkuit. Satu-satunya hal yang bisa membatalkan MotoGP Indonesia 2017 adalah bila kita melakukan wanprestasi dalam hal pembiayaan atau penyelenggaraan. Irawan menambahkan, evaluasi dari Dorna terhadap Indonesia akan dilakukan pada September 2016. Kalau kita tetap menjalankan dengan baik, tidak akan terjadi pembatalan apa-apa.

Jadi sekali lagi Irawan mengimbau penggemar MotoGP untuk tidak kecewa. Tahapan memang masih panjang, tapi tidak ada satupun indikasi bahwa Indonesia dibatalkan. Apalagi ia telah memastikan sendiri ke Dorna. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.