Tantangan MotoGP Sachsenring, Sirkuit Terpendek Dengan Cuaca Tak Terduga

Tantangan MotoGP Sachsenring, Sirkuit Terpendek Dengan Cuaca Tak Terduga
Selasa, 7 Juli 2015 17:05
Danu P Dirgantoro

Sirkuit Sachsenring akan menghelat seri ke sembilan MotoGP 2015 pada akhir pekan nanti. Pertarungan kelas para raja di Sachsenring di prediksi masih menjadi menu panas yang ditunggu-tunggu. Tahun lalu balapan berjalan dengan penuh taktik. Cuaca yang tak menetu di sirkuit ini memaksa 14 pembalap untuk ganti motor dan start dari pit-lane. Menjelang balapnya akhir minggu nanti, yuk selidiki sedikit sisik melik tentang sirkuit dengan terpendek dalam kalender MotoGP ini. Berikut adalah beberapa fakta tentang GP Sachsenring. (otorider.com)

-    Grand Prix motor pertama yang diadakan di Jerman adalah GP Jerman Barat. Saat itu digelar di Solitude Circuit, Stuttgart pada tahun 1952. Penonton saat itu mencapai 400.000 orang. Reg Armstrong yang berkebangsaan Irlandia memenangi kelas 350 cc dan 500 cc menggunakan Norton. Sementara pembalap lokal Rudi Felgenheier memenangi kelas 250 cc menggunakan motor DKW.

-    Grand Prix Jerman Timur pertama adalah di sirkuit jalan raya Sachsenring pada tahun 1961. Sirkuit orisinal untuk kejuaraan yang sekarang ini tadinya adalah jalan raya yang ditutup sepanjang 8,73 Km.

-    GP Jerman Timur berlanjut terus di Sachsenring tiap tahun sampai 1972. Namun setelah itu pindah ke trek permanen, karena balap di trek jalan raya dirasa terlalu berbahaya. 

-    GP Jerman Barat juga berlanjut digelar tiap tahun dari 1952 sampai 1990, ketika Jerman Barat dan Timur bersatu. Tercatat empat sirkuit berbeda digunakan selama periode 1952 sampai 1990, yaitu Solitude, Schotten, Nurburgring, dan Hockenheim.

-    Saat Jerman bersatu selalu ada GP Jerman digelar tiap tahunnya. Pada 1991 sampai 1994 digelar di Hockenheim, setelah itu sempat tiga tahun di sirkuit legendaris Nurburgring. Sejak tahun 1998 pindah ke siruit Sachsenring yang saat itu baru selesai diremajakan.

-    Sirkuit Sachsenring yang saat itu sedikit dimodifikasi menjadi 3,508 Km, menyisihkan satu short section dari sirkuit yang lama. Ubahan sirkuit yang cukup besar dilakukan pada 2001 dan sempat dilakukan ubahan kecil pada 2003. Hasilnya, sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 3,671 Km.

-    Sejak kelas MotoGP 4-Tak dipertandingkan pada 2002, Honda menjadi manufaktur paling sukses dengan sembilan kemenangan. Diikuti Yamaha dengan tiga kali kemenangan dan Ducati sekali kemenangan.

-    Ketiga pemenang di tiga kelas tahun lalu di Jerman (Jack Miller, Dominiqe Aegerter dan Marc Marquez), semuannya start dari pole position.

-    Dalam dua tahun berturut, 2013 sampai 2014 Marc Marquez sukses meraih pole position, memenangi balap, dan mencatat waktu tercepat di Sachsenring. 

-    Memiliki panjang 3,671 Km, Sirkuit Sachsenring adalah sirkuit terpendek dalam musim balap MotoGP

-    Karena cuaca yang tak menentu pada GP Sachsenring tahu lalu, ke-14 rider MotoGP masuk dan start dari pit-lane untuk mengganti motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.