Marquez Belum Niat Pakai Winglet, Masih Perlu Riset

Marquez Belum Niat Pakai Winglet, Masih Perlu Riset
Selasa, 8 Maret 2016 17:30
Hieronimus Girindra

Marc Marquez yang tampil kurang bagus saat sesi latihan resmi di Qatar ternyata juga menyempatkan mencoba winglet pada Honda RC213V andalannya. Pada kesempatan ini, Marquez berada pada posisi sembilan tabel catatan waktu.

Rekan setim Dani Pedrosa ini tampak keluar bareng rekan setimnya itu pada hari kedua pengetesan yang berlangsung malam hari. MM93 tampak memperbaiki catatan waktunya dari hari sebelumnya, lebih kencang sekitar setengah detik. Namun ia mengalami kecelakaan di tikungan 1, tapi tidak mendapat luka serius. Dengan cepat ia bisa kembali tes dan mencoba beberapa setelan berbeda pada sasis motor.

"Kami melakukan beberapa langkah maju kemarin," ujar Marquez. "Kami telah meningkatkan kemampuan cornering, motor mampu menikung sedikit lebih tajam, sehingga memungkinkan kami sedikit memangkas waktu, tapi kami tetap punya masalah saat keluar tikungan. Ritme balap sudah bagus tapi kami tetap mengalami kesulitan pada cengkeraman ban belakang."

Diakui si 'Baby Alien', cengkeraman ban tetap mantap saat pakai ban yang sudah dipakai maupun ketika pakai ban baru. Artinya, penggunaan ban baru kurang maksimal. Di situlah area yang harus dikembangkan.

Nah, satu jam sebelum sesi tes berakhir, Marquez kembali keluar dengan motor yang menggunakan winglet. Sasarannya, pasti aerodinamika. "Pada percobaan terakhir, kami mencoba beberapa winglet kecil dan kami masih perlu menganalisanya, karena kami hanya mencoba sebanyak empat lap, jadi masih perlu riset dan pengembangan. Ini baru prototipe pertama. Besok kami akan mencoba mengambil langkah maju," urainya.

Winglet di Honda RC213V ini memang masih dalam pengembangan. Sayangnya, tim Repsol Honda masih belum mengkonfirmasi apakah akan menggunakannya secara penuh selama musim ini. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.