Akan Menggelar Seri Perdana, Inilah Regulasi Resmi Balap MotoE

Akan Menggelar Seri Perdana, Inilah Regulasi Resmi Balap MotoE
Selasa, 2 Juli 2019 20:05
Catur Dharma

Kabar gembira datang untuk para pecinta balap, pasalnya gelaran balap MotoE akan segera diselenggarakan pada 5 hingga 7 Juli mendatang di Sachsenring, Jerman. Federation Internationale Motorcyclisme (FIM) juga telah mengumumkan regulasi resmi mengenai balap motor elektrik tersebut.

Dalam kejuaraan MotoE, ada beberapa perbedaan regulasi dengan gelaran MotoGP. Namun kesamaan yang paling melekat antara lain, ‘MotoE adalah murni balapan’.

   Baca Juga : Akhirnya Vinales Kalahkan Marquez di MotoGP Assen, Rossi Gagal Finish

   Baca Juga : Terus Memperbaiki Catatan Waktu, Ali Ardiansyah Absen Race Kedua ASBK1000 ARRC Suzuka Akibat Crash Saat Pemanasan

Urusan dapur pacu, mesin yang digunakan yaitu mesin tunggal dari Energica Ego Corsa. Uniknya, dalam mesin tersebut juga telah terdapat pengaturan limit untuk meningkatkan persaingan yang sengit. Motor yang akan digunakan juga tidak boleh dimodifikasi, kecuali untuk urusan teknis.

Terdapat 18 riders yang dibagi dalam 12 tim, dan seluruhnya menggunakan ban yang sama, yakni Michelin. Menjelang race, seperti biasa dibagi beberapa sesi seperti Free Practice (FP), kualifikasi, dan race.

Namun yang membedakan, dalam sesi FP, tidak dibagi menjadi Q1 dan Q2 seperti MotoGP. Sesi kualifikasi akan dihitung melalui E-Pole untuk menentukan siapa rider tercepat yang akan memulai race dari posisi terdepan.

Perbedaan berikutnya yaitu MotoE tidak melakukan warm up lap sebelum race berlangsung. Para pembalap hanya akan melakukan peninjauan trek saat perjalanan menuju grid dan menunggu hingga bendera start dikibarkan.

Wah, lihat regulasi sekelas MotoGP, bisa seru nih! Tapi, balapan pasti tanpa suara, mirip Formula E. Bagaimana menurut Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.