Terus Memperbaiki Catatan Waktu, Ali Ardiansyah Absen Race Kedua ASBK1000 ARRC Suzuka Akibat Crash Saat Pemanasan

Terus Memperbaiki Catatan Waktu, Ali Ardiansyah Absen Race Kedua ASBK1000 ARRC Suzuka Akibat Crash Saat Pemanasan
Senin, 1 Juli 2019 17:30
Catur Dharma

Pembalap Pertamina Enduro, yakni Ali Adriansyah Rusmiputro turut berlaga di kelas Asia Superbike 1000 (ASBK1000) kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC). Ali Adrian turut tampil di seri keempat ARRC yang diselenggarakan di Suzuka International Circuit, Jepang akhir pekan silam (28-30/06).

Pada sesi latihan (28/06) yang diselenggarakan tiga sesi, Ali Adrian terus memperbaiki catatan waktunya. Di sesi pertama, pria 26 tahun ini mencatat waktu 2 menit 18,328 detik. Pada sesi kedua, Ali berhasil memangkas sekitar 1,5 detik menjadi 2 menit 16,934 detik. Dan pada sesi ketiga kembali mencatat waktu yang lebih cepat, yakni 2 menit 16,215 detik.

“Sudah mampu memenuhi target yang dipasang tim pada setiap serinya,” ucap Ali sapaan akrabnya.

Namun pada race pertama (29/06), penunggang BMW S 1000 RR ini harus puas finish diurutan ke-13. Untuk menghadapi race kedua, Ali terus mendapat masukan dari timnya area yang harus diperbaiki. Diantaranya adalah untuk mencoba riding style (gaya balap) yang berbeda. "Saya memutar ulang video balapan sebelumnya, dan me-reset kembali pikiran saya menghadapi balapan kedua,” tambah Ali.

Keesokan harinya (30/06), 3 jam sebelum race berlangsung, Ali kembali melakukan uji coba. Saat itu ia diberi kesempatan untuk melakukan 5 lap pemanasan lalu kembali ke pit. “Di lap pertama, saya mencoba sepeda motornya. Setelah terasa oke, lalu saya coba terapkan marking untuk pengereman dan lain-lain,” jelas Ali.

Ali mencoba memperbaiki riding style ketika memasuki lap ketiga, dan ketika memasuki lap berikutnya, Ali mulai menambah kecepatan. “Di sektor 1, saya sudah lebih cepat sekitar 2 detik. Demikian juga di sektor 2, saya kembali memangkas waktu sekitar 2 detik. Jadi dalam 2 sektor saya sudah bisa memperbaiki waktu sekitar 4 detik,” papar Ali.

   Baca Juga : Akhirnya Vinales Kalahkan Marquez di MotoGP Assen, Rossi Gagal Finish

   Baca Juga : Yamaha R25 Disulap Jadi Tracker? Jarang-jarang, Nih!

Namun, nasib buruk ternyata menimpa pembalap bernomor 12 ini. Pasalnya, Ali terjatuh dan mengalami luka yang cukup fatal. Akibat insiden tersebut, beberapa bagian otot tidak bisa digerakan, serta tangan dan lututnya pun sobek.

“Setelah menjalani pemeriksaan medis, dokter memutuskan bahwa saya unfit to race, tidak bisa menjalani balapan kedua,” ucapnya dan meminta maaf kepada semua pihak atas kejadian tersebut.

Meskipun kejadian buruk menimpa, Ali Ardiansyah optimis dan menghadapi putaran berikutnya di Sirkuit Zhuhai, Cina bulan Agustus mendatang. Menurut Ali, dirinya telah menemukan titik di mana ia dapat memperlakukan perbaikan dengan tepat.

“Kecepatan sudah ada, riding style-nya betul, dan arah perbaikannya sudah sesuai. Hal itu memberi saya optimism dan kepercayaan diri untuk memberi hasil lebih baik lagi di Sirkuit Zhuhai,” tutup Ali.

Cepat sembuh Ali!.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.