Berikut Riding Gear yang Harus Digunakan Pembalap MotoGP

Berikut Riding Gear yang Harus Digunakan Pembalap MotoGP

Faktor keamanan harus sangat diperhatikan pada setiap pengendara sepeda motor. Bukan hanya dalam berkendara sehari-hari, pembalap kelas internasional pun harus memperhatikan hal ini. Seperti dalam ajang balap MotoGP, para ridernya diharuskan untuk menggunakan sejumlah perangkat keamanan.

Dilansir dari MotoGP.com, disebutkan setiap pembalap MotoGP diharuskan menggunakan helm dengan standar Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Standar dari FIM mengharuskan bobot helm lebih ringan dari 1,5 kilogram. Bagian dalam helm juga harus dibuat secara presisi setiap pengendaranya.

MotoGP Riding Gear

 

Selanjutnya adalah sarung tangan kulit yang harus dilengkapi oleh knuckle protection. Biasanya sarung tangan ini dilengkapi oleh material Kevlar agar pengendara terhindar dari abrasi kulit saat terjatuh.

   Baca Juga: Maverick Vinales Akui Sulit Pilih Ducati atau Yamaha

Bagian kaki juga harus dilindungi oleh sepatu boots yang sangat kuat. Disebutkan sepatu boots harus lebih kuat tiga kali lipat daripada sarung tangan. Bahkan untuk menghindari abrasi, dibagian ujungnya diletakan alumunium sliders.

MotoGP Riding Gear

 

Pengaman terakhir adalah wear pack 1-piece, bagian ini harus memiliki kekuatan anti abrasi 10x lipat daripada sebuah celana jeans. Ditambah harus memiliki fitur Shock Absorbing Armour pada bahu, sikut, dengkul, dan kaki. Bagian dada juga harus dilengkapi chest protector untuk melindungi pengendara.

Tidak hanya itu, wear pack pengendara MotoGP juga harus mempunyai Back Protector yang melindungi punggung pengendara. Pelindung belakang ini dilengkapi dengan airbag sistem yang akan mengembang dalam waktu kurang dari 20 milidetik. Angka ini lebih cepat 10 kali lipat daripada reflek manusia pada umumnya.

MotoGP Riding Gear

 

Dibagian punggung atas, terdapat sebuah kantung penyimpanan air minum berkapasitas 300 ml. Ukurannya hampir sama seperti sebuah minuman ringan kalengan.

   Baca Juga: Jorge Lorenzo Bangga Bisa Kalahkan Rossi, Marquez, Stoner, dan Pedrosa

Semua pelindung diri pembalap MotoGP ini diharuskan memiliki bobot di bawah 15 kg. Angka tersebut lebih ringan 10 kali lipat daripada sebuah baju astronot.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id