Bisa Berlari Kencang, Seberapa Panas Temperatur Motor di MotoGP?

Bisa Berlari Kencang, Seberapa Panas Temperatur Motor di MotoGP?

Motor-motor di ajang balap MotoGP tentunya dapat berlari hingga kecepatan lebih dari 200 Km/Jam. Tak hanya itu, motor tersebut juga dapat bermanuver di tikungan dengan kecepatan tinggi.

Performa terbaik tersebut juga sejalan dengan suhu panas yang dihasilkan tiap komponen motor. Bahkan, beberapa komponen membutuhkan suhu panas tersebut agar performanya maksimal. Lalu, berapakah temperatur motor MotoGP saat berlari di atas lintasan sirkuit?

   Baca Juga: Valentino Rossi Buka Suara Soal Penggantian Dirinya dengan Fabio Quartararo

Dilansir dari Box Repsol, komponen yang membutuhkan suhu panas adalah ban. Ban memiliki suhu sekitar 100° C agar daya cengkramnya optimal.

Komponen motor MotoGP

 

Selanjutnya, komponen yang menjadi panas adalah bantalan rem karbon yang bisa mencapai suhu berkisar antara 200° C dan 800° C saat digunakan penuh. Pun demikian dengan kaliper rem yang memiliki suhu mencapai 200° C.

   Baca Juga: Basis Mesin Sama, Lebih Kencang Honda BeAT Baru atau Genio?

Di sektor suspensi, suhu panas cenderung menyesuaikan dengan suhu sekitar, khususnya suspensi depan. Akan tetapi, pada suspensi belakang bisa memiliki temperatur hingga 70° C. Penyesuaian viskositas pelumas suspensi belakang dengan suhu panas sekitar ini juga sangat penting.

Terakhir, komponen yang menghasilkan panas tertinggi tentu saja di bagian mesin. Tingkat panas mesin ini bisa mencapai suhu berkisar mulai dari 1800° C hingga 2500° C.

Komponen motor MotoGP

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id