Cal Crutchlow Resmi Gantikan Jorge Lorenzo Sebagai Pembalap Tes Yamaha

Cal Crutchlow Resmi Gantikan Jorge Lorenzo Sebagai Pembalap Tes Yamaha

Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing resmi menyambut kembalinya Cal Crutchlow. Di Yamaha, Crutchlow bakal menggantikan peran Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji untuk musim MotoGP 2021. Crutchlow sendiri tak lagi bergabung bersama Honda usai posisinya dialihkan ke Alex Marquez.

Sebelumnya, Crutchlow pernah menjadi bagian dari Yamaha. Pembalap Inggris itu memenangkan kejuaraan World Supersport 2009 (WorldSSP) bersama Yamaha. Dia kemudian naik ke Kejuaraan WorldSBK pada tahun berikutnya dan mencetak sepuluh podium, termasuk tiga kemenangan, untuk finis kelima dalam klasemen keseluruhan.

   Baca Juga: Suzuki Rilis V-Strom 650 XT 2021, Apa Kelebihannya?

Keberhasilan ini membuka peluang untuk melakukan debut MotoGP pada tahun 2011 bersama tim satelit Yamaha saat itu, Monster Energy Yamaha Tech3, di mana ia mendapatkan pengalaman selama tiga tahun pertama dari karir MotoGP.

Cal crutchlow

Bersama Yamaha, Crutchlow tak hanya berperan sebagai pembalap penguji saja, namun ia dimungkinkan mendapat kesempatan Wild Card jika dianggap bermanfaat untuk program pengujian. Selain itu, ia juga disiapkan sebagai pembalap pengganti ketika salah satu pembalap Yamaha mengalami sakit atau cedera.

"Kekayaan pengalaman, ditambah dengan pendekatan Cal yang jujur, pasti akan sangat bermanfaat bagi kami saat kami berusaha untuk meningkatkan motor YZR-M1 kami dengan program pengujian penuh tahun depan," ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing dalam laman resmi Yamaha MotoGP.

   Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Motor Honda (November 2020)

Jarvis pun turut mengucapkan rasa terima kasihnya pada Jorge Lorenzo. Ia menambahkan, bersama Lorenzo, Yamaha telah merencanakan berbagai program yang kuat bersama. Namun, wabah Covid-19 membuat semua rencananya tertunda.

"Sangat disayangkan bahwa kami belum dapat menjalankan program pengujian kami dan mewujudkan tujuan kami. Kami mendoakan yang terbaik untuk Jorge di masa depan, dan kami berterima kasih atas kolaborasinya selama bertahun-tahun dengan Yamaha," kata Jarvis.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id