Punya Tenaga Lebih Besar dari Motor Alex Marquez, Ini Spesifikasi RC213V Nakagami

Punya Tenaga Lebih Besar dari Motor Alex Marquez, Ini Spesifikasi RC213V Nakagami

 

Takaaki Nakagami dibekali motor Honda RC213V baru guna menghadapi musim MotoGP 2021. Di tim LCR Honda, kini ia menggunakan motor spesifikasi pabrikan, layaknya milik Marc Marquez dan Pol Espargaro di Repsol Honda. Meski memiliki desain serupa dengan rekannya, Alex Marquez, namun motor Nakagami memiliki keluaran tenaga yang lebih besar.

Bicara terlebih dahulu soal tampilan, Honda RC213V 2021 milik Nakagami didominasi warna merah dan putih di keseluruhan bodinya serta sedikit sentuhan warna emas. Selain itu, terdapat logo Idemitsu di bagian fairing-nya. Meski demikian, tak ada ubahan signifikan secara desainnya.

   Baca Juga: Tips Memilih Jas Hujan Ideal, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Lalu, bagaimana dengan urusan dapur pacunya? Honda RC213V Nakagami dibekali mesin 1.000 cc, V4, pneumatic valves, 4-valve, DOHC, dan berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini diklaim lebih dari 280 dk. Keluaran tenaga ini pun lebih besar dari motor milik Alex Marquez yang hanya berkisar 260 dk.

Alex Marquez dan Takaaki Nakagami LCR Honda RC213V

"Saya tidak pernah kehilangan kepercayaan pada diri saya dan selalu berpikir tentang bagaimana meningkatkannya. Saya senang memiliki motor pabrikan. Saya yakin saya bisa menunjukkan potensi saya yang sebenarnya musim ini. Saya pikir saya bisa membidik podium dan kemenangan," kata Nakagami dikutip dari GPOne.

Keseluruhan tenaga tadi kemudian dipadu sistem 6-speed seamless transmission, lengkap dengan software Magneti Marelli. Secara dimensi, RC213V milik Nakagami menggunakan rangka Aluminium twin-tube serta memiliki bobot kering 157 kg dan kapasitas tangki bensin 22 liter.

Alex Marquez dan Takaaki Nakagami LCR Honda RC213V

Beralih ke kaki-kaki, motor tunggangan pembalap bernomor 30 tersebut menggunakan suspensi Ohlins dan sistem pengereman Brembo. Sementara itu, pelek 17 inci di kedua rodanya dibalut dengan ban Michelin.

   Baca Juga: Bedah Spesifikasi Mesin Honda CBR Tricolor: 150R, 250RR, 600RR, dan 1000RR-R

"Dalam tiga tahun terakhir saya selalu memiliki motor dari tahun sebelumnya, kadang-kadang positif dan yang lainnya tidak begitu banyak. Seringkali sulit untuk menunjukkan potensi penuh saya memakai mesin dengan tenaga dan top speed yang lebih kecil. Saya juga berharap saya dapat membantu pengembangan, ada beberapa area di mana Honda dapat meningkat," ujar Nakagami.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id