Jelang Tes Pramusim MotoGP Mandalika, Michelin Lakukan Pengujian Ban

Jelang Tes Pramusim MotoGP Mandalika, Michelin Lakukan Pengujian Ban

 

Sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat bakal segera berlangsung pada 11 Februari mendatang. Sejumlah pihak pun bersiap, salah satunya adalah Michelin yang menjadi title sponsor sekaligus pemasok tunggal ban dalam perhelatan MotoGP. Lalu, apa saja yang bakal dilakukan oleh Michelin?

Piero Taramasso selaku Michelin Two Wheels Motorsport Manager mengatakan untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda, baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan. Hal tersebut dilakukan agar pada akhir sesi uji dapat memberikan opsi ban-ban terbaik bagi para pembalap yang bertanding di Mandalika.

   Baca Juga: Dapat Tampilan Baru, Berikut Detail Spesifikasi Lengkap Yamaha R25 ABS

"Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini," ujar Piero yang telah berkarir selama 33 tahun di Michelin dan menghabiskan 20 tahun terakhir menjadi bagian tim Motorsport.

Ban Michelin MotoGP

Pada sesi uji di Mandalika nanti, Michelin akan mengirimkan tim yang terdiri dari tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua. Piero menjelaskan ban-ban untuk kebutuhan balap MotoGP dikembangkan oleh departemen teknis di dalam grup Michelin di bawah arahan tim Motorsport. Ban-ban tersebut memiliki rancang bangun yang berbeda dengan ban yang digunakan untuk kompetisi lain.

   Baca Juga: Perbesar Ukuran Ban Depan Honda CB150X Tak Bisa Pakai Spatbor Standar

"Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrem di lintasan," kata Piero.

Piero menambahkan dalam proses uji pramusim di Sirkuit Mandalika, seperti pada seri-seri di sirkuit lainnya, ada tiga spesifikasi ban Michelin jenis slick yang akan dicoba, yaitu tipe soft, medium, dan hard. Para pembalap akan mencoba ketiga tipe ban tersebut dalam sesi Latihan Bebas selama akhir pekan. Setelah itu, para pembalap bakal memilih tipe yang menurut mereka terbaik di segi cengkeraman dan daya tahan untuk digunakan di balapan pada 20 Maret 2022.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id