Empat Hal Wajib Diketahui Saat Memilih Jas Hujan yang Tepat

Empat Hal Wajib Diketahui Saat Memilih Jas Hujan yang Tepat

 

Musim hujan masih terus berlangsung di berbagai daerah di Indonesia. Oleh sebab itu, jas hujan menjadi senjata utama bagi para pengendara sepeda motor. Namun ternyata masih banyak yang belum tahu bagaimana caranya memilih jas hujan yang tepat untuk digunakan berkendara.

Hariadi selaku Assisten Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan pengendara motor tidak dapat asal memilih jas hujan. Pemilihan jas hujan tidak bisa dianggap sepele hanya karena dipakai pada saat hujan. Dirinya pun memberikan sejumlah tips yang harus diketahui sebelum memilih jas hujan.

"Selama ini, mungkin jas hujan dianggap sepele karena hanya digunakan saat berkendara di saat hujan. Namun jas hujan merupakan salah satu peralatan penting para pengendara sepeda motor," ujar Hariadi.

Jas Hujan

Pertama Hariadi menyarankan untuk menghindari menggunakan jas hujan model ponco. Meskipun banyak orang yang tidak memperhatikan model jas hujan, ternyata bentuknya dapat mempengaruhi fungsi dan keselamatan. Jas hujan model ponco dianggap membahayakan keselamatan dengan bagian bawah yang dapat tersangkut di roda atau gir.

   Baca Juga: Kontes Modifikasi Jakarta Motofest Vol. 1 Sukses Digelar

Kedua, pastikan jas hujan pas dan nyaman dipakai oleh pengendara. Mengingat pengendara yang tidak nyaman dapat berpotensi membahayakan keselamatan. Cari ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil pada badan pengendara.

Trik Musim Hujan

Kualitas jas hujan juga menjadi hal penting pada saat pemilihan. Pastikan bahan jas hujan tidak mengganggu kenyamanan. Model parasut dapat membuat pengendara kepanasan, sementara plastik akan mudah sobek. Usahakan mencari jas hujan dengan bahan coating glossy atau bahan bening anti embun seperti polyvinyl chloride (PVC).

   Baca Juga: Begini Jadinya Kalau Yamaha XSR 155 Diubah Jadi Chopper

Terakhir, carilah jas hujan dengan warna terang atau mencolok. Dengan demikian pengendara lain dapat melihat keberadaan Anda, terutama di malam hari. Jas hujan warna terang di antaranya hijau, kuning, oranye, atau merah menyala serta dilengkapi oleh scotlite atau reflektor.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id