Suzuki Keluar Dari MotoGP, Pengaruhi Bursa Pembalap 2023?

Suzuki Keluar Dari MotoGP, Pengaruhi Bursa Pembalap 2023?

 

Keputusan Suzuki keluar dari MotoGP di akhir musim 2022 memang membuat semua pihak terkejut. Lantas, apakah akan mempengaruhi bursa transfer pembalap MotoGP pada musim depan?

Keluarnya Suzuki dari ajang MotoGP disebut mempengaruhi bursa transfer pembalap. Pasalnya, Joan Mir dan Alex Rins yang sangat kompetitif akan kehilangan tempat. Padahal bos baru tim Suzuki, Livio Suppo sudah berencana mempertahankan kedua pembalapnya yang ada saat ini untuk tahun depan.

Melansir dari The Race, keputusan telah diambil oleh manajemen pabrikan asal Jepang itu untuk meninggalkan balapan MotoGP akhir tahun ini. Mereka menjadi pembalap yang bebas transfer untuk tahun depan. Keputusan Suzuki keluar dari MotoGP akan berdampak tidak hanya bagi kedua pembalapnya, tetapi juga pada banyak pembalap lain.

Keluarnya Suzuki Dari MotoGP

Joan Mir dan pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo adalah beberapa target Honda yang berpotensi menggantikan Pol Espargaro. Di sisi lain, bisa saja Joan Mir ke Ducati yang memiliki banyak tempat. Apalagi Ducati tengah mengincar sejumlah pembalap untuk tim satelitnya guna menggantikan Jack Miller di tim pabrikan.

Mungkin juga ada opsi lain untuk bergabung ke KTM, yang mana Brad Binder sudah teken kontrak hingga akhir 2024 tetapi Miguel Oliveira belum ada kesekapatan. Tetapi ironisnya, baru-baru ini dikabarkan Miguel Oliveira sedang dalam pembicaraan dengan Suzuki.

Kemudian, Alex Rins kemungkinan akan mencari motor dengan mesin inline-four yang saat ini terlihat paling sesuai dengan gaya berkendaranya yang lebih halus. Itu berarti Yamaha, di mana secara teori ada dua kursi terbuka di skuad satelit WithU Yamaha RNF.

Keluarnya Suzuki Dari MotoGP

Salah satunya, mengisi posisi yang kini ditempati oleh Andrea Dovizioso, yang di awal tahun ini masih berjuang meskipun mendapat motor spek tim pabrikan. Tetapi, Alex Rins bisa juga mengancam posisi Franco Morbidelli yang terus berkinerja buruk saat berduet dengan Fabio Quartararo di tim Yamaha pabrikan.

Perlu diketahui juga, Fabio Quartararo yang berencana keluar dari tim Yamaha, hingga kini belum menandatangani kontrak baru. Itu artinya ada peluang buat pembalap Suzuki ke sini. Jika Alex Rins tidak menemukan tempat di Yamaha, opsi lain untuknya atau bahkan mungkin Joan Mir, juga bisa jadi Aprilia.

Tidak menutup kemungkinan bisa menggantikan Aleix Espargaro yang telah memberi kemenangan pertama untuk Aprilia di MotoGP Argentina 2022, tetapi hingga kini belum mendapat tawaran kontrak baru. Selain itu, mungkin juga bisa mengisi tempat jika Maverick Vinales yang berspekulasi ingin pindah ke tempat lain.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id