Dinilai Berbahaya, Aturan Tekanan Ban Dikritik Pembalap MotoGP

Dinilai Berbahaya, Aturan Tekanan Ban Dikritik Pembalap MotoGP
Rabu, 3 Mei 2023 22:20
Afrizal Abdul Rahman

Para pembalap MotoGP menyuarakan keprihatinan terhadap aturan tekanan ban real time yang direncanakan berlaku di MotoGP Jerez, Spanyol 2023. Pada kesempatan ini, MotoGP tengah menguji sistem pengukuran tekanan ban secara real time dengan ancaman penalti jika tak mengikuti persyaratan. Tekanan ban minimum sendiri yakni 1,9 bar untuk bagian depan dan 1,7 bar di bagian belakang.

Kritikan pertama diungkapkan oleh Marco Bezzecchi. Pembalap Mooney VR46 itu mengharapkan peraturan tersebut tidak terjadi di kejuaraan MotoGP. Ia memiliki beberapa alasan terkait harapan tersebut. "Terkadang terlalu berbahaya. Kami bisa mengalami masalah dengan tekanan pada suhu ini," ucapnya dikutip dari laman Crash.Net.

   Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023 Usai Sprint Race Jerez, Spanyol

Tak hanya Bezzecchi, juara bertahan MotoGP 2022 yakni Francesco Bagnaia juga khawatir dengan peraturan tersebut. Bahkan, rider Ducati Lenovo tersebut menilai tak mungkin bisa direalisasikan.

Ban Michelin MotoGP Argentina 2019

"Kami berbicara banyak tentang tekanan ban, dalam kondisi trek banyak pengereman dan tetap memaksakan dengan suhu yang berbeda tidak mungkin kendaraan mulai dari batas yang sudah diatur," ucapnya.

   Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Jerez 2023: Duo KTM Tampil Menggila!

Pria yang akrab disapa Pecco itu mengatakan ketika motor bergerak akan ada banyak risiko yang terjadi terhadap tekanan ban. Bila disamaratakan, itu akan berisiko dan membosankan.

"Jika melihat saya balapan di Argentina itu tekanan ban depan sangat tinggi, sama halnya dengan Espargaro, yang pasti aturan ini bukan hal yang benar untuk sebuah keselamatan," tutup Pecco.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.