Helm Aleix Espargaro Pakai Teknologi MIPS, Apa Itu?

Helm Aleix Espargaro Pakai Teknologi MIPS, Apa Itu?
Selasa, 9 Mei 2023 12:30
Ruslan Abdul Gani

Aleix Espargaro menjadi salah satu pembalap MotoGP yang menggunakan helm dengan teknologi MIPS. Espargaro beralih dari merek KYT ke Kabuto untuk musim 2023. Merek helm asal Jepang yang dikenakan itu yakni F17 Racing dan sudah terpasang MIPS Integra TX baru. Lalu, apa sebenarnya teknologi MIPS?

MIPS merupakan singkatan dari Multi-directional Impact Protection System yang diklaim unggul dalam hal keselamatan berbasis helm. Teknologi ini pertama kali dipakai untuk helm sepeda gunung, ski, climbing, off-road, dan sekarang mulai dikembangkan untuk lintasan balap. 

   Baca Juga: Awal Mei 2023, Beli Motor Honda Dapat Promo Potongan Harga

Teknologi tersebut secara teori menawarkan lapisan gesekan yang diklaim rendah dan telah dipatenkan ke bantalan helm. Otomatis hal ini dapat mengurangi benturan dan gaya rotasi agar kepala tidak mengalami cedera serius.

Helm Aleix Espargaro Pakai Teknologi MIPS

“Saya sangat bangga menjadi pembalap MotoGP pertama yang menggunakan sistem keselamatan MIPS dengan helm Kabuto saya. Sejak saya menggunakan sistem MIPS, saya tidak melihat perbedaan kenyamanan helm, tapi saya pribadi merasa lebih aman berkendara di MotoGP," ujar Aleix Espargaro.

MIPS sendiri sudah dikembangkan sejak 1996 oleh para ahli neuroscientist dari Royal Institute of Technology dan ahli bedah saraf Hans von Holst serta Karolinska Institute di Stokholm, Swedia. Pengaplikasiannya bisa membantu mengurangi rotasi yang dialami otak saat terjadi benturan di kepala.

Helm Aleix Espargaro Pakai Teknologi MIPS

   Baca Juga: Kawasaki Tengah Kembangkan Motor Bebek Bermesin 2-Silinder?

Sebenarnya, MIPS merupakan sebuah sistem lapisan plastik tebal yang diletakkan di dalam helm, antara EPS dan crown pad, namun tetap bisa bergerak beberapa milimeter. Fungsinya untuk memecah dan menyebarkan tekanan kinetik saat benturan terjadi, ke seluruh bagian inner dan outer shell helm. Teknologinya sendiri secara teori meniru sistem proteksi cangkang kepala manusia yang melindungi otak.

“Pada dasarnya, kelas MotoGP mendorong semua orang dan semua yang terlibat menjadi bagian dari alasan kami. Sebagai platform global sistem keselamatan, MIPS dan Aleix sepenuhnya sejalan dengan misi kami untuk memimpin dunia menuju helm yang lebih aman. Ke depannya sistem keamanan MIPS tidak hanya tersedia untuk Kabuto saja. Bakal lebih banyak produsen helm lain yang gunakan teknologi ini,” jelas Max Strandwitz, CEO MIPS.

Sumber: motorcycle.com

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.